3 Gaya Hidup Ini Bisa Berisiko Penuaan Dini

Gaya hidup merupakan kebiasaan yang sering kita lakukan. Nah, ada banyak gaya hidup yang bisa diterapkan, mulai dari yang hal-hal menyenangkan dan menyehatkan. Namun, ternyata gaya hidup yang menyenangkan tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat menimbulkan hal yang buruk. Salah satunya adalah tanda-tanda penuaan dini.

Nah, berikut ini ada beberapa gaya hidup yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Apa saja?

1. Kebanyakan mengonsumsi makanan manis

Makanan manis memang memiliki banyak manfaat, seperti halnya meredakan stres. Akan tetapi, ahli dermatologi mengatakan kalau makanan manis juga bisa menimbulkan dampak negatif bagi kulit. Gula yang ada dalam makanan manis tersebut dapat mengabrasi kolagen sehingga membuatnya menjadi kaku. Jika hal ini terjadi, kulit dapat menjadi kering dan memungkinkan terjadinya penuaan dini.

2. Jarang mengganti sarung bantal

Sarung bantal merupakan hal yang bersentuhan secara langsung ketika kita tidur. Jika hal ini tidak dirawat dengan baik maka sarung bantal bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit, salah satunya yaitu penuaan dini. Untuk itu, rajinlah mengganti sarung bantal setiap 2-4 minggu sekali dan gunakan yang berbahan satin agar lembut bagi kulit.

3. Melupakan cuci muka

Mencuci muka bukanlah hal yang asing bagi perawatan kulit. Ini merupakan langkah pertama dalam memulai rangkaian skincare harian. Namun, meski mudah, banyak yang melupakan tahap ini. Akibatnya kulit menjadi mudah bermasalah karena menumpuknya kotoran dan berisiko pada penuaan dini.