3 Kesalahan dalam Menangani Jerawat dan Solusi Praktis Atasi Bekasnya

Meskipun kecil, jerawat menjadi momok bagi pria maupun wanita yang sedang mengalaminya. Permasalahan ini sering menjadi beban pikiran karena untuk menghilangkannya perlu perawatan yang tepat. Jika tidak, jerawat bisa semakin meradang ataupun meninggalkan bekas yang dapat menurunkan tingkat kesehatan kulit.

Memang saat ini sudah banyak cara yang bisa jadi solusi untuk menghilangkan jerawat, mulai dari perawatan di klinik kecantikan, penggunaan produk skincare hingga ramuan tradisional dari bahan-bahan alami. Nah, kira-kira Anda sudah pernah coba yang mana nih?

Tapi sebelum melakukan perawatan untuk mengatasi jerawat, Anda perlu tahu bahwa perawatan tersebut akan sia-sia bila masih melakukan kesalahan. Berikut ini beberapa kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan ketika kulit sedang jerawatan.

1. Memencet Jerawat

Bila Anda sering memencet jerawat, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut. Meski sudah bersih, tangan yang digunakan untuk memencet jerawat masih bisa saja memiliki bakteri yang menyebabkan jerawat dan masuk ke dalam pori-pori kulit. Akhirnya bukan jerawat menghilang namun pertumbuhan jerawat jadi semakin banyak.

Selain itu, memencet jerawat artinya menekan kulit untuk mengeluarkan isi jerawat dari bawah permukaan kulit. Hal ini pun akan memperlihatkan kulit yang terlihat bolong akibat terkelupas dan menyebabkan kemerahan di sekitarnya.

2. Jangan Dulu Facial dan Scrubbing

Kebanyakan orang merasa gemes pada jerawat yang nempel di kulit sehingga mencari segala cara agar cepat menghilang. Beberapa cara yang sering dilakukan adalah scrubbing dan facial.

Meski cara ini akan menghasilkan wajah yang terlihat halus, namun scrubbing dan facial adalah cara kasar dalam mengeluarkan jerawat dari tempatnya. Alhasil, jerawat bisa menjadi semakin parah dan menyebabkan kulit wajah menjadi rusak.

3. Jangan Terlalu Banyak Mencoba

Saat berjerawat sebaiknya hindari terlebih dahulu untuk sering mencoba berganti produk skincare. Jangan mudah termakan oleh review orang lain yang mengunggulkan suatu produk. Bisa saja produk tersebut memang di mereka cocok namun bagi kulit Anda malah sebaliknya. Yang paling penting, mencari tahu kandungan produk secara teliti atau berkonsultasi dengan dokter kulit adalah cara yang paling aman.

Terlalu banyak menggunakan produk skincare justru membuat kandungannya tidak bekerja maksimal. Belum lagi bila mengalami purging atau munculnya jerawat karena detoksifikasi kulit di awal pemakaian maka pastinya Anda akan pusing untuk mengatasinya lagi.

Lantas, bagaimana jika sudah ada bekas jerawat?

Bekas jerawat memang susah untuk dihilangkan. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba perawatan produk berbahan alami, seperti masker tomat. Cukup hancurkan 1 buah tomat kemudian berikan sedikit air perasan jeruk. Celupkan kapas dan tempel pada bagian kulit yang mengalami bekas jerawat. Ulangi beberapa kali langkah ini secara rutin. Adanya vitamin C dan A dalam perawatan tersebut dapat merangsang kulit yang semakin cerah.