3 Manfaat Dari Daun Sirih

Daun sirih sering menjadi tanaman yang wajib di rumah. Mengapa? Karena daun sirih mengandung berbagai nutrisi, seperti saponin, tanin, eugenol, dan memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, hingga kemampuan dalam menenangkan serta mendinginkan kulit. Kandungan ini pun dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Seperti apa manfaatnya, cek berikut ini.
1. Mengurangi bau badan
Bau badan yang mengganggu bisa berasal dari produksi keringat dalam tubuh. Kandungan estradiol dan klavikula dalam daun sirih mampu memberikan manfaat dalam menjaga produksi kelenjar keringat yang baik. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup minum air rebusan sirih setiap hari. Jika perlu, kamu bisa menempelken daun sirih yang ditumbuk ke bagian ketiakmu dalam beberapa saat.
2. Kesehatan mata
Mata merupakan salah satu indera penglihatan yang sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Jika tidak, mata bisa mengalami iritasi hingga kerusakan yang dapat berdampak pada penglihatan kamu. Daun sirih mengandung sifat antibakteri yang dapat meredakan dan mencegah mata mengalami iritasi. Gunakan air rebusan daun sirih merah atau hijau sebagai pencuci mata selama 10 menit.
3. Mengurangi jerawat
Jerawat yang muncul di kulit tentu saja sangat mengganggu penampilan. Agar cepat menghilang, kamu dapat melakukan perawatan kecantikan dengan daun sirih. Caranya, tumbul daun sirih dan campurkan ke dalam air hangat. Lalu, gunakan handuk bersih untuk mencelupkan ke dalam air tersebut. Setelah itu, handuk yang basah itu gunakan untuk mengusap kulit yang berjerawat. Treatment ini lebih baik dilakukan 2 kali sehari secara rutin.