3 Manfaat yang Bisa Didapatkan Saat Berpuasa

Berpuasa sering menjadi pilihan favorit banyak orang ketika sedang bokek atau diet. Selain menambah nilai ibadah, kamu pun bisa lebih hemat dalam pengeluaran untuk membeli makanan yang belum dibutuhkan.

Bahkan lebih banyak lagi, manfaat dari puasa juga baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya pada ginjal. Selama berpuasa kita akan mengurangi asupan air, hal itu berdampak pada fungsi ginjal yang akan bekerja dengan maksimal bila tekanan osmosis urine mencapai 1000 – 12000 ml osmosis/kg air.

Nah, manfaat lainnya yang didapatkan dari rutin berpuasa adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa dapat merangsang peningkatan produksi protein yang dapat menjadi bermanfaat untuk fungsi otak. Protein ini juga akan memicu bahan kimia lain untuk membantu menyehatkan saraf.

2. Memperbaiki Pola Makan

Pola makan yang sembarangan memang memicu timbulnya penyakit. Jika tidak ingin demikian, kamu bisa meminimalisirnya dengan melakukan puasa. Untuk berbagai pilihan makanan, sesuaikan dengan gaya hidupmu.

3. Panjang Umur

Seperti yang dilaporkan oleh salah satu studi, makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi faktor dari penuaan. Selain itu, bila kelebihan makan, tubuh akan mengalami sistem metabolisme yang melambat. Dengan berpuasa, jatah waktu kamu mengonsumsi makanan pun menjadi berkurang.

Nggak ada ruginya kan berpuasa? Selamat mencoba!