3 Penyebab Kulit Wajah Kering Dan Kusam

Kulit terlihat kering dan kusam memang begitu menyebalkan. Namun, apa sih yang membuat kondisi kulit seperti itu? Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Jika hal ini terjadi dapat memberikan dampak buruk juga bagi kulit, yaitu menghilangkan kelembapannya. Banyak orang mengira dehidrasi akan menghilang begitu saja setelah minum segelas air. Padahal sebenarnya dehidrasi yang terjadi pada kulit akan bermasalah lebih lama jika tidak tepat dalam mengatasinya. Hilangnya hidrasi ini akan menyebabkan penurunan ketebalan kulit sehingga rentan terhadap timbulnya tanda-tanda penuaan, seperti garis halus, kulit kendur, dan kerutan.

Agar segera sembuh, usahakan selalu memenuhi cairan tubuh dengan minum air 8 gelas sehari. Jangan lupa untuk menggunakan pelembap yang memiliki tingkat hidrasi yang tinggi sehingga mampu melembapkan kulit dalam waktu yang lama.

2. Tidak mengeksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit merupakan langkah penting dalam rangkaian perawatan kulit wajah setelah double cleansing. Teknik ini adalah cara pengelupasan kulit mati yang dapat membuat kulit lebih bersih dan menyiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan kulit yang lebih baik. Jika hal ini tidak dilakukan akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang kemudian membuat kulit menjadi kusam dan kering.

Lakukan eksfoliasi dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Penting untuk memahami bagaimana setiap produk bekerja untuk kulit Anda. Jangan melakukannya setiap hari karena bisa membuat kulit iritasi. Waktu yang tepat untuk eksfoliasi adalah sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

3. Tidak rutin memakai pelembap

Meski kulit memiliki pelembap alami, namun tetep membutuhkan produk tambahan yang mampu melembapkannya secara menyeluruh. Gunakan produk pelbap dengan bahan-bahan seperti ceranide, yang dapat memperbaiki fungsi pelindung bagi kulit dan meningkatkan retensi air. Oleskan pada kulit wajah secara menyeluruh dengan gerakan ke atas agar dapat merangsang sirkulasi udara yang lebih baik. Dengan begitu, kulit akan tampak lebih sehat dan bercahaya dengan cepat.