3 Rutinitas Buruk Dalam Kecantikan Yang Harus Dihilangkan

Memiliki rutinitas kecantikan memang menjadi hal yang lumrah bagi wanita. Namun, beberapa kebiasaan ini sebaiknya jangan jadikan sebagai rutinitasmu karena dapat memberikan dampak buruk untukmu. Apa saja, ya?

Membiarkan rambut menumpuk di sisir sikat

Kamu pasti pernah mengalami rambut rontok dan tersangkut di sisir, kan? Nah hal tersebut ternyata bisa membuat sisir penuh dengan kotoran yang berasal dari residu produk perawatan rambut, minyak kulit kepala, dan sel kulit mati yang terkelupas. Jika hal ini dibiarkan berlama-lama akan menjadi sarang bagi jamur dan bakteri bertumbuh.

Oleh sebab itu, seorang dokter kulit, Sonia Batra, M.D. menyarankan untuk selalu membersihkan sisir setidaknya sebulan sekali. Caranya, bersihkan rambut yang masih tersangkut di sisir menggunakan sisir bergigi rapat, lalu rendam dalam air yang berisi sabun selama beberapa menit. Keringkan terlebih dahulu sebelum kembali memakainya.

Memencet jerawat

Meski banyak orang sudah mengetahui kalau memencet jerawat itu berbahaya, masih saja ada yang bandel untuk melakukannya. Jerawat yang dihilangkan secara paksa akan membuat kulit rusak dan menciptakan pintu masuk untuk bakteri. Jika hal ini terjadi justru akan menciptakan jerawat baru di sekitarnya.

Apalagi, jari tangan yang menekan kulit untuk mengeluarkan jerawat tersebut dapat mendorong minyak dan kotoran di kulit sekitarnya tertekan lebih mendalam sehingga bisa memicu timbulnya peradangan.

Menurut Sonia, ada cara yang lebih baik daripada memencet jerawat dengan tangan. Kamu bisa menggunakan salep atau obat jerawat untuk mengeringkannya. Jika kondisi jerawat sudah memiliki jerawat putih di atasnya atau sudah kering, kamu bisa mengeluarkannya tanpa memberikan banyak tekanan. Selain itu, pakai tisu atau kain yang bersih sehingga tidak memicu kotoran menempel di kulit.

Tidak mencuci kuas makeup

Kuas makeup merupakan barang yang sering kotor. Oleh karena itu, hal ini memerlukan ketelatenan untuk membersihkannya. Akan tetapi banyak orang abai terhadap hal ini. Mereka tetap menggunakannya tanpa mencucinya secara rutin.

Menurut Dr. Sonia, hal ini dapat berdampak sangat buruk bagi kulit wajah. Pasalnya, kuasa riasan bisa dengan mudah menciptakan bakteri yang dapat berpindah bolak-balik antara wajah dan produk riasan yang dipakai. Jika hal ini dibiarkan maka akan sangat mungkin kamu mengalami iritasi, pori-pori tersumbat, hingga noda hitam.

Nah, ada cara yang tepat untuk membersihkan kuas secara praktis. Gunakan sabun, air hangat, dan sikat jika diperlukan. Hal ini akan membunuh bakteri yang ada pada kuas tersebut. Jika noda masih bandel untuk dihilangkan, kamu bisa mengatasinya dengan micellar water sebagai alternatif. Lakukan rutinitas membersihkan kuas masker ini setelah menggunakannya agar ketika dipakai kembali kuasnya kembali bersih.

Nah, gimana? Ubahlah diri jadi lebih rajin dan hindari kebiasaan buruk di atas, ya!