3 Tanda Kulit Bermasalah Akibat Terlalu Banyak Produk Skincare

Banyak yang tidak sadar kalau memakai terlalu banyak skincare itu justru tidak diperbolehkan. Hal ini dikarenakan dapat membuat manfaat dari produk-produknya tidak bekerja maksimal pada kulit. Selain itu, hal ini juga mengakibatkan reaksi/dampak negatif bagi kulit itu sendiri, seperti iritasi, peradangan, hingga jerawat.

Nah, berikut ini ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan jika memakai terlalu banyak produk untuk kecantikan.

Kulit gatal, merah, bersisik, atau sensitif terhadap sinar matahari

Produk kecantikan yang terlalu banyak digunakan membuat kulit rentan terhadap satu atau lebih reaksi. Seperti yang diungkapkan oleh Arielle Kauvar, MD, seorang direktur klinik kecantikan bahwa hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya menggunakan bentuk eksfoliasi sekaligus sehingga kulit tidak tahan dan membuatnya iritasi. Padahal, eksfoliasi hanya perlu digunakan 1-2 kali seminggu saja.

Anda tidak melacak kandungan bahan aktif produk kecantikan

Menurut Elizabeth Tanzi, MD, seorang pendiri sebuah klinik kecantikan mengatakan bahwa produk yang mengandung bahan aktif memang akan lebih efektif dalam merawat kulit. Namun, jika kamu sembarangan menggunakannya dan terlalu berlebihan dalam pemakainya, hal ini dapat mengiritasi kulit. Untuk itu, kamu perlu paham betul bagaimana cara kerja setiap bahan aktif dalam rangkaian produk skincare yang digunakan.

Kulit berkilau, tetapi tidak berminyak

Kulit yang mengalami pengelupasan akibat terlalu banyak produk eksfoliasi yang digunakan membuatnya menjadi berkilau tetapi tidak berminyak. Hal ini diungkapkan oleh David Lortscher, M.D., pendiri sebuah startup kulit tterkenal bahwa terjadinya kondisi ini disebabkan karena kulit yang terkelupas itu membuatnya kehilangan banyak sekali sel kulit mati. Dengan begitu permukaan kulit menjadi tidak seimbang.