3 Tips Cegah Lenting Cacar Air Tinggalkan Luka Permanen

3 Tips Cegah Lenting Cacar Air Tinggalkan Luka Permanen

Informasi Terkini – Saat terkena cacar air, perasaan khawatir akan bekas lenting yang permanen menyelimuti Anda. Bekas lenting tersebut akan membuat kulit menjadi terlihat banyak keropeng. Hal tersebut pun dapat membuat percaya diri Anda menurun. Tapi, ada beberapa tips untuk mencegah lenting cacar air menimbulkan bekas permanen di kulit. Simak ulasannya di bawah ini.
1. Hindari menggaruk lenting cacar air
Menggaruk memang akan sedikit melegakan rasa gatal pada kulit. Namun, cara ini justru akan memperburuk kondisi Anda. Kulit yang melenting itu sangatlah tipis. Jadi, bila terkena kuku atau garukan bisa saja pecah.
Bagi anak kecil untuk membiasakan tidak menggaruk bagian penyakit yang gatal memang masih sulit. Sebagai solusinya, selalu pakai sarung tangan atau penutup agar lenting tidak langsung terkena kuku.
Selain itu, untuk mengurangi rasa gatal pada lenting cacar air, Anda pun bisa mengoleskan beberapa lotion, seperti lotion calamine.
2. Jaga kebersihan kuku dan tubuh Anda
Menjaga kebersihan kuku dan tubuh akan membuat kondisi lenting menjadi lebih baik. Kuku yang pendek dan selalu bersih tidak akan melukai lenting, sementara mandi yang teratur akan membuat kotoran dan keringat menghilang dan tidak menumpuk di kulit sehingga rasa gatal pun akan berkurang.
Tapi, hanya saja saat mandi Anda perlu berhati-hati. Usapkan sabun dengan perlahan dan tidak membuat lenting terluka. Dan, saat memakai handuk, gunakan handuk dengan lembut
3. Memakai pakaian yang tepat
Karena kulit yang tipis, lenting cacar air akan mudah mengalami pecah. Tak hanya dengan garukan, gesekan dan tekan juga bisa menyebabkan lenting pecah. Nah, dari hal ini Anda pun perlu memperhatikan pakaian yang digunakan. Hindari pakaian ketat, berbahan kasar atau yang menyebabkan Anda berkeringat banyak. Gunakan pakaian dengan berkancing.