3 Tips Jitu Atasi Tangan Panas Akibat Cabai

3 Tips Jitu Atasi Tangan Panas Akibat Cabai

Informasi Terkini – Setelah mengolah cabai biasanya tangan akan menimbulkan sensasi panas atau biasa disebut ‘kewedangen’ bagi orang-orang Jawa. Nah, ini bisa terjadi karena cabai mengandung capsaicin yang memang akan menimbulkan sensasi panas atau terbakar bagi yang mengonsumsinya.
Tapi, untuk mencegah hal itu terjadi, sebelum mengolah cabai Anda bisa menggunakan sarung tangan. Namun, bila Anda yang sudah mengalami hal ini, ada 3 tips untuk mengatasi tangan panas tersebut.
1. Cuci tangan dengan sabun cuci piring
Ketika tangan terasa panas setelah memegang atau mengolah cabai, segera bilas tangan dengan sabun cuci piring. Gosok hingga rasa panas sedikit mereda. Dan, kemudian bilas hingga bersih.
Minyak pada cabai yang menempel di tangan akan mudah menghilang dengan sabun cuci piring dibandingkan sabun cuci tangan biasanya.
2. Gosok dengan minyak zaitun
Selain sabun cuci piring, minyak cabai di tangan juga dapat menghilang dengan menggosoknya menggunakan minyak zaitun. Setelah menggosok pada tangan, jangan langsung bilas minyak zaitun, tunggu beberapa saat lalu bilas. Rasa panas pun akan mereda.
3. Rendam pada produk susu
Dalam susu terdapat protein yang dapat digunakan sebagai deterjen alami untuk memecag capsaicin cabai. Nah, Anda bisa merendam tangan yang panas dengan semangkuk susu dan diamkan selama beberapa saat. Lalu, bilas dengan air bersih.