4 Bahan Makanan Ini Sebaiknya Jangan Dihaluskan Dengan Blender

Beberapa bahan makanan tidak dianjurkan untuk dihaluskan menggunakan blender karena mungkin akan merusak tekstur dan tampilan makanan. Selain itu, hal ini juga akan memungkinkan merusak peralatan blender. Lalu, apa saja ya bahan makanan yang tidak dianjurkan dihaluskan dengan blender tersebut? Berikut ini ulasannya.

1. Sayuran hijau

Mendiamkan sayuran di suhu ruangan akan membuat warnanya berubah menjadi kecoklatan. Hal ini bisa merusak penampilan saat dihaluskan dengan blender. Untuk menjaga kecerahannya dengan baik, Anda bisa mendinginkan terlebih dahulu ke kulkas setelah diblender sekalipun.

2. Sayuran berserat tinggi

Tahu kan kalau serat dalam bahan makanan yang dihaluskan justru membuatnya semakin terurai. Hal ini membuat bahan makanan tersebut sulit untuk dihaluskan.

3. Kentang

Menghaluskan kentang untuk membuat sajian mashed potato memang akan lebih mudah dan praktis bila menggunakan blender. Namun, cara ini ternyata salah dan akan membuat tekstur kentang menjadi terlalu lembek dan mirip butiran tepung. Oleh karena itu, sebaiknya haluskan kentang secara manual menggunakan sendok atau garpu.

4. Makanan atau minuman panas

Jaga blender agar tidak menghaluskan makanan atau minuman yang panas. Hal ini akan merusak tutup blender dan komponen didalamnya. Bahkan, tutup blender bisa terpental dan menyebabkan bahan makanan atau minuman tersebut berceceran.