4 Cara Hempaskan Jerawat Hormonal

Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap terjadi. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkannya, seperti penumpukan kotoran hingga akibat hormon tubuh.

Kelebihan minyak di kulit wajah dapat dipengaruhi oleh peningkatan hormon testosteron dan hormon progesteron. Hal ini sering terjadi pada sebelum atau saat menstruasi.

Jerawat hormon ini terjadi pada wanita usia remaja yang menginjak dewasa. Penyebab utamanya adalah ketidakseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh. Lalu, apa jerawat hormon ini bisa diatasi? Mari simak beberapa caranya berikut ini.

1. Rutin membersihkan wajah

Tahap yang paling penting untuk dilakukan semua orang adalah membersihkan wajahnya. Jika tidak, kotoran pun akan menumpuk dan memberikan celah bagi jerawat untuk muncul semakin parah.

Dalam sehari disarankan untuk mencuci wajah secara rutin minimal dua kali. Penting juga untuk menggunakan sabun pembersih yang sesuai agar bekerja sesuai manfaatnya. Biasanya, mencuci wajah dengan sabun ini dilakukan pagi setelah bangun tidur dan malam hari setelah beraktivitas.

2. Gunakan obat jerawat

Obat jerawat akan membantu proses penanganan jerawat hormon lebih cepat. Namun, sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak. Cukup oleskan pada jerawat secara tipis. Hal ini dikarenakan kandungan dalam obat jerawat dapat membuat kulit kering hingga iritasi.

3. Gunakan sunscreen setiap hari

Menggunakan sunscreen setiap hari adalah hal wajib yang harus dilakukan. Selain melindungi kulit dari efek paparan sinar matahari, sunscreen juga melindungi jerawat hormonal menjadi semakin parah. Pastikan untuk menggunakan produk sunscreen yang memiliki formula ringan dan tidak menyebabkan oily.

4. Gunakan produk non comedogenic

Skincare memang sering digunakan untuk membuat kulit wajah lebih terawat. Namun, penggunaan skincare yang asal-asalan bikin jerawat hormonal makin parah. Ada baiknya selalu pilah skincare dengan memakai produk kecantikan yang non comedogenic. Hal ini akan menghindari risiko pori-pori kulit tersumbat.