4 Kesalahan Saat Mencuci Wajah Ini Bikin Jerawat Tak Kunjung Sembuh

Jerawat memang masalah kulit yang cukup membandel dan sulit dihilangkan. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulit berjerawat tak kunjung sembuh, salah satunya adalah kesalahan saat mencuci wajah. Nah, berikut ini ulasannya.

1. Menggosok terlalu kencang

Menggosok wajah terlalu kencang saat mencuci wajah tidak membuat semua kotoran terhempas. Namun, hal ini bisa membuat kulit menjadi mudah iritasi. Tetap gunakan cara yang lembut untuk mencuci dan membasuh wajah.

Begitu pula saat mengeringkannya dengan handuk. Jangan menggosoknya terllau kencang. Sebaiknya biarkan wajah mengering secara alami, atau kamu bisa menggunakan tisu dengan menepuk-nepuknya secara perlahan dan lembut.

2. Sembarangan memilih produk

Banyak sekali rekomendasi produk yang memiliki klaim dalam mengatasi jerawat. Namun, bukan berarti semua produk tersebut akan selalu cocok dengan kulit wajah kamu. Sebelum memilih skincare, kenali terlebih dahulu tipe kulit yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan produk yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan dari kulit.

3. Membilas terburu-buru

Membiarkan sabun pembersih terlalu lama di kulit wajah memang akan memicu kekeringan. Namun, membersihkannya terlalu buru-buru juga tidak maksimal dalam mengangkat kotoran dan minyak dari kulit wajah. Akibatnya, kotoran dan minyak yang tersisa di kulit wajah tersebut menyatu kembali dengan bakteri jerawat dan menyebabkannya tidak kunjung sembuh.

4. Mencuci dengan air panas

Mandi dengan air panas memang akan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku untuk kulit wajah. Mengapa? Karena air panas dapat membuka pori-pori kulit yang nantinya memudahkan bakteri penyebab jerawat masuk. Selain itu, kulit yang tidak tahan dengan panas akan mudah mengalami iritasi dan kemerahan. Gunakan air dingin / air biasa saja untuk mencuci wajah, ya.