4 Manfaat Mengonsumsi Jambu Air Bagi Kesehatan Tubuh

Jambu air merupakan salah satu buah yang banyak ditemui di Indonesia. Buah ini memiliki kandungan air yang sangat banyak dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan didalamnya meliputi vitamin C, vitamin A, serat, kalsium, tiamin, niasin, potasium, myricetin, fenolik, flavonoid dan zat besi. Nah, daripada penasaran berikut ini manfaat jambu air bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jambu air memiliki peran dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin C didalamnya. Selain itu, ada pula kandungan antioksidan, seperti flavonoid yang dapat menangkal berbagai penyebab sel imun tubuh menurun. Jambu air juga memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang dapat melawan berbagai infeksi bakteri dan virus jahat yang menyebabkan segala jenis penyakit.

Mengontrol Kolesterol

Tubuh memiliki dua jenis kolesterol, yaitu HDL (baik) dan LDL (jahat). Kolesterol jahat ini dapat menyebabkan penyakit kronis, seperti stroke dan jantung. Dengan mengonsumsi jambu air dapat membantu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga kolesterol bisa lebih banyak daripada yang jahat.

Melancarkan Detoksifikasi di Dalam Tubuh

Detoksifikasi diperlukan oleh tubuh untuk mengeluarkan segala racun agar tidak menjadi sarang penyakit. Nah, buah jambu air ini memiliki vitamin dan mineral yang tinggi dan dapat melancarkan proses detoksifikasi tubuh serta saluran pencernaan.

Mencegah Celiac

Celiac merupakan penyakit autoimun. Penyakit ini disebabkan oleh konsumsi gluten yang terlalu berlebihan. Akibatnya lapisan usus kecil rusak dan menghambat sistem kerja dari organ pencernaan. Penyakit ini menyebabkan terjadinya diare, lemas, dan anemia.

Mengonsumsi jambu air dapat mengatasi dan mencegah terjadinya celiac karena terdapat kandungan senyawa yang dapat melancarkan sistem pencernaan.