4 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Rambut

Minyak kelapa merupakan bahan alami yang berasal dari buah kelapa. Minyak penuh nutrisi dan mineral ini sangat bermanfaat, baik itu dari segi kesehatan maupun kecantikan. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan
rambut.

1. Memperkuat akar rambut

Minyak kelapa yang dioleskan ke rambut mampu meresap hingga ke dalam kulit kepala. Hal ini akan menyentuh folikel rambut sehingga membuat akar rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Seperti dalam penelitian disebutkan bahwa penggunaan minyak kelapa secara rutin selama 16 minggu dapat merawat kerusakan rambut akibat paparan polusi dan radikal bebas. Hal ini lebih baik dibandingkan minyak mineral lainnya.

2. Memperbaiki rambut

Dalam penelitian lainnya menemukan bahwa minyak kelapa juga memiliki khasiat dalam memperbaiki kerusakan rambut akibat pewarnaan dan penggunaan alat rambut elektronik, seperti hair dryer untuk mengeringkan rambut. Dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa minyak kelapa mengurangi adanya protein berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan rambut dalam memicu kerontokan.

3. Mengatasi iritasi kulit

Pertumbuhan virus dan jamur pada kulit kepala sering menyebabkan ketombe. Munculnya hal ini tentu menimbulkan masalah baru bagi rambut. Nah, dalam suatu penelitian menemukan bahwa penggunaan minyak kelapa dapat mencegah kondisi tersebut dan mengatasinya dengan baik. Dengan begitu kulit kepala akan tercegah dari iritasi.

4. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Minyak kelapa memiliki asam laurat yang dapat bermanfaat untuk memberikan kelembapan. Gunakan minyak alami kelapa ini secara rutin 30 menit sebelum keramas. Dengan begitu rambut akan terlihat lebih cantik dan sehat maksimal.