4 Solusi Jitu Bikin Tidur Jadi Nyenyak

Setiap orang membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Namun, banyak masyakat yang tinggal di perkotaan mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Faktor yang menyebabkan masalah tersebut juga beragam. Mulai dari suara bising, lingkungan tidak sehat karena banyak polusi, serta berbagai masalah yang membebani pikiran dan menjadi penyebab munculnya stres.

Kondisi stres ini menjadi alasan utama sebagian orang merasa overthinking di waktu tidur. Beban pikiran menyebabkan terjadinya kegelisahan sehingga Anda pun tidak dapat menikmati tidur yang pulas.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut sebaiknya segera lakukan perubahan. Beberapa hal ini bisa menjadi solusinya.

1. Jangan Tunda Waktu Bangun

Memiliki waktu secukupnya secukupnya untuk tidur akan membuat Anda menjadi lebih nyenyak. Jadi, jika alarm sudah berbunyi segera bangun. Terlalu banyak tidur justru akan membuat tubuh menjadi bingung dan mengganggu waktu tidur yang berkualitas.

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat dan Protein

Asupan karbohidrat dan protein memang diperlukan sebagai sumber energi bagi tubuh. Tapi mengonsumsinya di malam hari sangat tidak disarankan karena dapat mengganggu tidur. Anda bisa menggantinya dengan camilan sehat rendah karbohidrat, seperti sereal, yang dapat membantu tidur nyenyak.

3. Hindari Konsumsi Lemak Jenuh

Jenis makanan yang mengandung lemak jenuh dapat memperburuk siklus tidur. Itulah sebabnya pilih makan malam yang menyehatkan dengan mengonsumsi banyak sayur, buah, dan kacang-kacangan.

4. Posisi Tidur

Carilah posisi tidur senyaman mungkin. Dengan begitu Anda akan lebih mudah terlelap dan bangun tidur kembali segar.

Oiya, posisi tidur tidak hanya membuat tidur menjadi berkualitas. Namun hal ini juga baik untuk kesehatan. Seperti tidur miring ke kiri yang baik bagi kesehatan jantung dan sistem pencernaan.