5 Alasan Alpukat Wajib Dikonsumsi Saat Diet

Mengonsumsi buah memang sangat disarankan, apalagi untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. Salah satu buah yang harus konsumsi adalah alpukat. Buah berwarna hijau dengan daging yang lembut ini memiliki lemak sehat yang bikin tubuh kamu lebih sehat. Selain itu, berikut ini alasan alpukat wajib jadi menu dietmu.

1. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki tinggi serat dan rendah karbohidrat dapat mendorong berat badan yang stabil. Selain itu, alpukat juga memiliki kandungan serat larut dan tidak larut di dalam dagingnya. Fungsi serat larut ini bisa bermanfaat baik bagi bakteri dalam usus.

2. Meringankan gejala osteoartritis

Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ekstrak minyak alpukat dan kacang kedelai dapat mengurangi gejala osteoartritis.

3. Sumber potasium yang besar

Alpukat mengandung potassium yang sangat tinggi dibandingkan pada pisang. Komponen ini sangat baik untuk menguatkan otot dan menjaga tekanan darah, penyakit jantung serta ginjal. Hal ini juga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Mengandung antioksidan pelindung mata

Antioksidan yang terkandung dalam alpukat memiliki dua nutrisi, yanti lutein dan zeaxanthin. Fungsi kedua nutrisi ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata. Mengonsumsinya secara rutin dikenal ampuh untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi otot mata yang dapat menghilangkan penglihatan.

5. Mengandung banyak nutrisi penting

Dalam alpukat terdapat nutrisi bergizi dan merupakan sumber dari 20 mineral dan vitamin. Jadi, dalam alpukat terdapat kandungan mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, K dan E. Sementara mineralnya terdapat zat besi, folat, tembaga, magnesium, mangan, fosfor, dan seng. Nutrisi ini sangat baik bagi kesehatan tubuhmu.

Sangat bermanfaat, bukan? Yuk konsumsi rutin buah alpukat!