5 Cara Alami Yang Mampu Hilangkan Bekas Luka Di Kulit

Memiliki kulit yang halus menawan memang idaman semua orang. Namun, ada saja hal-hal yang tidak bisa mendukung hal tersebut, salah satunya bekas luka menghitam. Agar segera menghilang dan bikin penampilan makin pede, yuk simak ini cara-caranya.

1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang baik bagi kulit. Kamu bisa membuatnya seperti masker wajah. Caranya, campur kunyit bubuk, sedikit susu, dan 1sdt besan. Lalu, aduk merata hingga berbentuk kental/pasta. Oleskan pada bagian yang menghitam dan tunggu hingga kering. Ulangi dalam beberapa kali agar segera terlihat hasilnya.

2. Lobak pedas

Lobak juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Gunakan lobak pedas yang diparut halus, campurkan dengan dadih asam atau zat pencerah lainnya. Aduk merata dan oleskan ke area yang menghitam dan tunggu 30 menit. Lakukan perawatan ini setiap hari.

3. Lemon

Lemon merupakan sumber vitamin C yang dapat menjadi bahan yang mencerahkan untuk kulit. Namun, bahan ini tidak cocok bila kamu memiliki kulit yang sensitif. Gunakan jus lemon ke kulit wajah dan diamkan 15 menit, lalu bersihkan.

4. Pepaya

Selain dimakan, pepaya juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. Buah ini mengandung enzim papain yang dapat menyamarkan bekas luka dan noda hitam. Kandungan ini terdapat sangat banyak di bagian kulitnya. Mulai gunakan dengan cara memblender kulit pepaya, air mawar, madu, dan kunyit. Pastikan untuk menggunakan bahan yang bersih dan higienis. Jika sudah mengental oleskan pada wajah dan diamkan 30 menit.

5. Kentang

Kentang juga bisa memiliki peran untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Cukup parut kentang dan gunakan air perasannya. Celupkan kapas dan tempelkan pada area yang menghitam. Gunakan beberapa kali agar hasilnya terlihat maksimal.