5 Cara Bikin Beruntusan Akibat Skincare Mereda

Beruntusan di kulit wajah akibat penggunaan skincare memang umum terjadi. Pasalnya, tidak semua orang bisa cocok terhadap kandungan dalam skincare. Karena itu, skincare bersifat personal dan ‘cocok-cocokan’ untuk penggunaannya.

Ketidakcocokan pada skincare banyak menimbulkan reaksinya, salah satunya yaitu munculnya beruntusan. Namun perlu diingat, beruntusan tak hanya muncul karena tidak cocok dengan skincare. Bisa saja beruntusan muncul akibat purging setelah menggunakan produk skincare yang mempercepat regenerasi kulit.

Tetapi jika kamu merasa beruntusan terjadi karena tidak cocok dengan skincare, dan kamu sedang tidak menggunakan skincare yang mengandung asam hidroksi untuk mengeksfoliasi kulit, sebaiknya segera lakukan beberapa cara berikut ini.

1. Hentikan pemakaian skincare

Menghentikan pemakaian skincare yang tidak cocok dengan kulit akan cepat meredakan efek sampingnya, seperti beruntusan. Namun untuk menghilangkannya secara signifikan, mungkin membutuhkan waktu yang cukup panjang. Lakukan beberapa perawatan beruntusan lainnya agar kulit segera sembuh dan kembali normal.

2. Hindari salicylic acid dan benzoil peroksida

Dua kandungan ini sering terdapat dalam skincare. Namun saat terjadi beruntusan sebaiknya hindari skincare dengan dua kandungan ini. Pasalnya, salicylic acid dan benzoil peroksida dapat menyebabkan kulit semakin kering. Ketika hal itu terjadi, kulit akan mengeluarkan banyak minyak alami untuk menjaga kadar kelembapannya. Efek buruknya, minyak berlebihan dapat memperparah kondisi beruntusan.

3. Jangan menyentuh bruntusan

Adanya beruntusan di kulit wajah terkadang membuat kita gemas untuk menyentuhnya. Namun sebaiknya kebiasaan ini jangan lagi dilakukan. Tangan merupakan pusat bakteri yang dapat berpindah dengan mudah di kulit wajah. Jika menyentuh beruntusan, maka bisa memicu timbulnya rasa gatal.

4. Gunakan facial wash lembut

Membersihkan wajah adalah step pertama perawatan wajah yang tidak boleh ditinggalkan. Karena itu, pilih pembersih wajah atau facial wash yang tidak menimbulkan reaksi buruk pada beruntusan. Produk yang lembut tanpa kandungan detergen sangat direkomendasikan. Hal ini juga bisa mengurangi reaksi iritasi pada kulit.

5. Jika belum mereda, konsultasikan ke dokter

Setelah melakukan beberapa cara di atas dan belum terlihat hasilnya, maka segera minta bantuan ke dokter kulit agar mendapatkan penanganan yang lebih baik. Dengan begitu, beruntusan bisa kian mereda.