5 Manfaat Cabai Bagi Tubuh, Apa Saja Itu?

5 Manfaat Cabai Bagi Tubuh, Apa Saja Itu?

Informasi Terkini – Selain membuat masakan menjadi sedap dan pedas, cabai juga dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Manfaat seperti di bawah ini:
1. Menghilangkan rasa sakit
Cabai dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit lami pada tubuh. Sakit yang dapat diredakan oleh cabai antara lain herpes zoster, bursitis, rematik, nyeri bahu, dan neuropati diabetes.
Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin yang ada pada cabai dan yang membuat sensai panas atau terbakar ini bekerja sama dengan reseptor rasa sakit sehingga membuat ujung saraf berhenti mengirim sinyal untuk sensasi rasa sakit dalam tubuh.
2. Menurunkan berat badan
Capsaicin pada cabai disebut-sebut dapat mengurangi asupan kalori yang dapat membantu penurunan berat badan. Dalam sebuah penelitian ditemukan dalam 10 gram cabe merah dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak pada tubuh. Namun, penelitian ini masih belum pasti maupun jelas. Jadi, perlu penelitian yang lebih lanjut dan kompleks.
3. Mempercepat detoksifikasi
Cabai dapat membantu mempercepat detoksifikasi sehingga mengurangi penumpukan zat-zat yang tak terpakai oleh tubuh. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi pada asupan yang hendak dikonsumsi.
4. Menurunkan kolesterol darah
Dalam sebuah penelitian diungkapkan bahwa dua kelompok responden yang satu memakan potongan cabai selama 4 minggu dan yang lainnya tidak melibatkan cabai memiliki kadar kolesterol serta trigliserida yang lebih rendah dari kelompok yang tidak mengonsumsi cabai.
5. Melancarkan pernapasan
Cabai yang memiliki vitamin A dapat menurunkan risiko radang paru-paru akibat rokok. Sebab, rokok yang mengandung benzopyrene dapat merusak atau menghancurkan vitamin A dalam tubuh. Selain itu, cabai dapat memperlebar saluran pernapasan sehingga Anda bisa napas dengan lega.