5 Tahap Skincare Dasar Yang Tak Boleh Ditinggalkan

Perawatan kulit memang akan lebih mudah bila menggunakan skincare. Namun, terlalu banyak skincare ternyata justru tidak akan efektif bagi kulit. Hal ini membuatnya sulit untuk menyerap dan bekerja sempurna.

Nah, rutinitas skincare dasar ternyata hanya ada 5 langkah saja. Berikut ini ulasannya.

1. Pembersih

Langkah pertama yang wajib digunakan adalah pembersih. Hal ini berguna untuk membantu menghilangkan kotoran, make up, minyak, dan sel kulit mati. Rutinitas membersihkan wajah ini dilakukan setiap pagi dan malam hari.

Membersihkan wajah ini akan lebih efektif dengan sabun pembersih khusus. Produk ini sangat mudah ditemukan di toko kosmetik kesayanganmu. Ada yang bisa diaplikasikan langsung, ada juga yang membutuhkan kulit yang basah terlebih dahulu. Anda bisa menggunakannya dengan meratakan pada seluruh permukaan kulit wajah dan pijat secara lembut.

Setiap jenis kulit memiliki produk pembersih wajah yang berbeda. Anda yang mengalami kulit kering dan sensitif, produk bertekstur krim atau minyak akan membantu memberikan kelembapan bagi kulit. Sedangkan, produk dengan asam salisilat direkomendasikan untuk kulit berminyak dan berjerawat.

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi ini sama halnya dengan pembersih wajah. Namun, tahap ini tidak dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukannya setiap 1-2 minggu sekali dengan produk khusus. Skincare eksfoliasi akan membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati sehingga membuat kulit wajah akan lebih halus dan cerah. Produk khusus tahap ini biasanya mengandung AHA & BHA.

3. Retinoid

Retinoid merupakan senyawa yang cukup bermanfaat untuk kulit wajah. Hal ini merupakan turunan senyawa dari vitamin A. Produk ini akan memberikan manfaat untuk mengobati jerawat dan mengurangi tanda penuaan dini yang muncul di kulit wajah.

Biasanya produk retinoid ini merupakan resep dokter yang hanya disarankan pemakaiannya 3 kali dalam seminggu. Anda harus benar-benar memakai mengikuti instruksi dokter. Produk retinoid juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan produk eksfoliasi.

4. Pelembap

Tidak berlaku hanya kulit kering saja, semua jenis kulit harus memiliki penembak sebagai skincare rutinnya. Produk ini bukan hanya berfungsi untuk melembapkan saja, namun juga memberikan nutrisi serta hidrasi kulit sehingga dapat menjaga kulit lebih sehat. Anda dapat mengaplikasikan produk pelembap sebelum penggunaan tabir surya.

5. Tabir surya

Nah, ini merupakan tahap skincare yang tidak boleh ditinggalkan. Produk ini dirancang khusus untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Jika Anda tidak menggunakannya, masalah penuaan hingga kanker kulit akan mengintai Anda.