5 Tips Perawatan Kulit Wajah, Bikin Kamu Tampak Glowing

Perawatan kulit wajah menjadi rutinitas sehari-hari yang perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan faktor lingkungan, seperti polusi dan paparan sinar matahari, membuat kulit kusam, kering, dan rentan terhadap penuaan dini.

Selain itu, merawat kulit wajah juga dapat membuat kulit lebih putih, sehat, dan bersinar. Nah, berikut ini ada beberapa tips perawatan kulit yang dapat kamu lakukan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

1. Lindungi kulit dari matahari

Paparan sinar matahari dapat merusak kulit. Untuk itu, perlindungan yang paling terbaik adalah memakai sunscreen atau tabir surya setiap hari. Gunakan produk dengan minimal SPF 15 dan ulangi pemakaian setiap dua jam sekali. Agar perlindungan lebih baik, pakailah pakaian yang dapat menutup seluruh kulit dan memakai topi untuk penutup kepala.

2. Rutin membersihkan wajah

Bukan menjadi hal yang asing lagi, membersihkan wajah merupakan tahapan pertama dan wajib dilakukan dalam rangkaian skincare. Membersihkan kulit wajah ini mampu menghilangkan kotoran sehingga menjadikan kulit yang sehat dan cerah. Hindari pemakaian sabun pembersih yang terlalu keras. Sementara itu, waktu yang terbaik untuk membersihkan wajah adalah di pagi hari dan malam hari. Dengan begitu, kulit wajah akan mengalami regenerasi kulit yang baik ketika tidur.

3.Pakai pelembap wajah

Meski kulit tidak kering, pelembap merupakan produk perawatan wajah sangat penting untuk digunakan. Gunakan pelembap wajah setiap hari, terutama di malam hari. Pelembap ini dapat membantu menutrisi kulit sehingga dapat menyempurnakan proses regenerasi kulit.

4. Pastikan bantal Anda selalu bersih

Selain memiliki tidur yang cukup, membersihkan ranjang dan sarung bantal juga menjadi bagian dalam merawat kulit wajah. Sarung bantal yang kotor akan menyebabkan bakteri mudah bersarang dan berpindah pada kulit wajah. Hal tersebut rentan menyebabkan jerawat dan masalah kulit lainnya.

5. Pola makan sehat

Bukan hanya memengaruhi kesehatan tubuh, asupan makanan setiap hari yang kita konsumsi juga dapat memberikan pengaruh pada kesehatan kulit. Untuk itu, hindari makanan yang digoreng dan pilih makanan yang diolah dengan kukus atau rebus. Sementara itu, konsumsi buah dan sayur lebih banyak agar nutrisinya masuk ke dalam tubuh. Jangan lupa untuk minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari agar asupan cairan terpenuhi dan kulit pun lebih glowing.