6 Gaya Ikat Rambut Agar Tak Mudah Rusak Dan Rontok

Bagi wanita, rambut merupakan mahkota yang harus dijaga dan dirawat kecantikannya. Salah satu cara untuk membuatnya lebih rapi adalah dengan mengikat rambut. Namun, terlalu sering mengikat rambut bukanlah hal yang tepat. Rambut akan mudah rusak dan rapuh sehingga cepat rontok ketika mengikatnya terlalu kencang. Agar tidak terjadi demikian, ikuti tips mengikat rambut berikut ini yuk.

1. Ikat ponytail

Gaya mengikat rambut ponytail cocok digunakan untuk semua model rambut, terutama bagi yang memiliki rambut tipis. Meski mudah dan terlihat sederhana dalam menerapkannya, gunakan ikat rambut yang berasal dari bahan kain, seperti scrunchies, sehingga tidak menyebabkan sakit dan rambut kusut.

2. Model setengah ikatan

Model ikat rambut setengah atau half bun dapat memberikan kesan yang elegan. Meski begitu, hal ini tetap membuat rambut Anda terlihat lebih rapi, kok. Agar lebih terlihat manis, gunakan japitan pita atau kain bandana sebagai hiasan pada ikatan rambut.

3. Ikat rambut ke samping

Bagi yang memiliki rambut tipis dan tidak mau menekan rambut terlalu keras, gunakan gaya ikat rambut ke samping. Selain bikin rambut rapi, cara ini akan menciptakan kesan penampilan feminim dan anggun.

4. Ikat kepang

Model rambut kepang perancis juga bisa menjadi pilihan untuk membuat tampilan rambut yang lebih rapi. Agar tidak membuat rambut rontok, pilih gaya kepang yang berasal dari bagian bawah rambut.

5. Cepol rambut

Agar rambut tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, pilih model ikat rambut cepol atau bun hair. Jangan lupa gunakan ikat yang berbahan kain atau scrunchies sehingga tidak membuat rambut terlalu ketarik.

6. Gunakan jepitan

Cara yang paling simple untuk mengikat rambut adalah menggunakan jepitan. Dengan begini, ikatan tidak akan berbekas sehingga rambut tidak mudah berubah bentuk dan tidak rontok.