6 Kesalahan Yang Bikin Serum Tak Bekerja Maksimal

Serum wajah merupakan salah satu perawatan tambahan bagi kulit yang fungsinya merawat, menutrisi, dan memperbaiki kondisi kulit. Akan tetapi, pemakaian serum tidak bisa sembarangan. Hal ini memerlukan cara yang tepat untuk memberikan hasil yang maksimal. Nah, berikut ini beberapa kesalahan pemakaian serum yang membuatnya tidak bekerja maksimal.

1. Tidak pakai sesuai urutan yang tepat

Memakai produk skincare harus sesuai dengan urutan yang tepat. Kamu bisa memulainya dari produk skincare yang memiliki tekstur encer ke yang kental. Nah, serum merupakan skincare yang memiliki konsentrasi encer. Jadi, kamu dapat menggunakannya setelah membersihkan wajah dan memakai toner. Biarkan beberapa saat hingga serum benar-benar terserap ke dalam kulit sebelum menimpanya dengan skincare selanjutnya.

2. Takarannya terlalu banyak atau kedikitan

Memakai serum juga harus sesuai takaran yang pas, karena kalau kamu menggunakannya terlalu banyak selain bikin boros juga hasilnya tidak maksimal. Ukuran yang pas untuk serum adalah sebesar butir kacang polong dan meratakannya hingga ke seluruh wajah.

3. Tidak pakai pelembap

Meski serum berhasil memberikan kelembapan pada kulit, namun kamu perlu memakai pelembap yang berfungsi untuk mengunci skincare tersebut.

4. Hanya memakainya seminggu sekali

Bukan seminggu sekali, serum digunakan secara rutin setiap hari, pada pagi dan malam hari. Dengan begitu, fungsi serum pun akan lebih maksimal.

5. Tidak memilih serum sesuai kebutuhan dan jenis kulit

Sama halnya skincare lain, memilih serum juga harus sesuai kondisi dan kebutuhan kulit. Jika kamu mulai merasa ada kerutan bisa memakai produk serum yang mengandung anti-aging.

6. Mengaplikasikan dengan cara memijatnya

Cara menggunakan serum yang tepat adalah dengan mengoleskannya di ujung jari lalu tepuk-tepuk dan ratakan di seluruh wajah.