89 Orang Di Palu Meninggal Akibat Infeksi HIV/AIDS

89 Orang Di Palu Meninggal Akibat Infeksi HIV/AIDS

Informasi Terkini – Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Palu, Sulawesi Tengah, orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS di provinsi itu semakin banyak. Bahkan, sudah sebanyak 98 warga di Palu yang meninggal dunia akibat penyakit ini.
Data ini dicatat mulai tahun 2002 hingga 2017. Dalam kurun waktu itu, tercatat ada 622 orang yang mengidap penyakit HIV/AIDS ini, dan 98 orang sudah meninggal dunia. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu yang bernama Royke Abraham.
Selain data di atas, ada catatan lain bahwa ada 1.114 kasus HIV, dan AIDS ada sebanyak 662 kasus. Kasus di Kota Palu ini, dianalisis didominasi oleh pemuda yang berusia 19-35 tahun. Dan pada ibu rumah tangga, kasus ini terjadi peningkatan jumlahnya.
Akibat banyaknya kasus HIV/AIDS dan bahkan sudah banyak yang meninggal dunia, Dinkes Palu melakukan upaya konkret yang melalui pemantapan kegiatan sosialisasi preventif, sistem diagnosis, sistem pengobatan dan rehabilitasi pasien, baik itu dilakukan di lingkungan keluarga hingga ke masyarakat luas.
Dengan adanya upaya ini, Dinkes Palu berharap berkurangnya masalah tentang HIV/AIDS dan tidak adanya infeksi baru lagi mengenai penyakit ini serta tidak ada lagi diskriminasi terhadap pasien yang mengalami HIV/AIDS atau 3 zero.