Akibat Penunjuk Laser, Retina Mata Anak Asal Yunani Ini Berlubang

Akibat Penunjuk Laser, Retina Mata Anak Asal Yunani Ini Berlubang

Informasi Terkini – Dalam sebuah presentasi, penunjuk laser memang sering digunakan untuk dijadikan properti. Tetapi, meski tidak terlihat begitu berbahaya, penunjuk laser ini ternyata menyimpan begitu hal yang buruk. Bahkan, penunjuk laser menyebabkan bocah laki-laki di Yunan mengalami retina yang berlubang.
Hal ini bermula dari orangtuanya yang membawa bocah laki-laki yang tak disebutkan namanya tersebut ke dokter mata. Hal itu lantaran sang anak yang berusia 9 tahun mengeluh mengalami masalah penglihatan yang terjadi pada mata kirinya.
Dari pemeriksaan dokter diperoleh adanya sebuah lubang besar yang terbentuk pada makula anak itu. Setelah diusut, sebelum si anak mengalami masalah penglihatan, sebelumnya ia bermain dengan penunjuk laser hijau dan selama berulang kali menatap bagian sinar laser tersebut.
Berawal dari kejadian ini ternyata sebelumnya pejabat kesehatan juga sudah memperingatkan betapa bahayanya menatap sinar laser itu. Mata bisa menjadi rusak bila menatap sinar laser. Bahkan, menatap sinar laser ini lebih berbahaya daripada menatap sinar matahari secara langsung.
Dari tes mata yang dilakukan anak menghasilkan bahwa mata kanannya normal dengan hasil 20/20. Tetapi, berbeda dengan mata kirinya yang menghasilkan 20/100. Penglihatan yang kiri itu ketika digunakan untuk membaca tulisan yang normal harus berada pada 6 meter untuk melihatnya. Sementara, penglihatan yang sehat berada sejauh 30 meter bisa membacanya.
Kejadian yang dialami anak ini cukup parah hingga pada operasi.