Alasan Kandungan Alkohol Tidak Baik Bagi Kesehatan Rambut

Rambut seakan-akan menjadi mahkota bagi para wanita. Hal ini membuatnya harus dijaga dengan baik agar terlihat sempurna.

Nah, perawatan dengan berbagai rangkaian produk khusus rambut memang akan berguna untuk menunjang keindahan rambut. Bahkan ada pula perawatan yang menjanjikan bisa mengembalikan kesehatan rambut yang mengalami kerusakan.

Seperti yang diketahui, banyak produk perawatan rambut yang beredar di Indonesia dan memiliki kandungan bahan kimia didalamnya. Penggunaan bahan kimia ini sebenarnya baik untuk menambah nutrisi serta mempercepat produknya untuk meresap dan bekerja di kutikula rambut. Hasilnya pun rambut jadi halus setelah memakainya.

Meski begitu, tidak semua bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan rambut dapat berfungsi baik untuk kesehatan rambut. Bahkan, ada bahan kimia yang akan merusak rambut jika menggunakannya dalam jangka panjang.

Seperti yang dilansir dari laman Fimela.com, bahan kimia tersebut adalah alkohol yang berjenis short chains. Yup! Bahan ini justru akan membuat kondisi rambut menjadi super kering setelah memakainya secara rutin selama sebulan. Jenis alkohol ini bukanlah nutrisi rambut melainkan sebagai pengawet produk tersebut agar terbebas dari bakteri.

Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli produk perawatan rambut, lihatlah kandungan produk yang biasanya terdapat dalam kemasan. Jika disitu tertulis adanya kandungan ethanol, SD alcohol, SD alcohol 40, denatured alcohol, propanol, propyl alcohol dan isopropyl alcohol sebaiknya segera pindah haluan ke produk yang lebih alami. Pasalnya, produk ini justru akan mengurangi kelembapan kulit kepalamu dan berdampak pada rambut kering.