Apa Manfaat Konsumsi Sayuran Hijau Pada Tubuh?

Sayuran merupakan makanan yang sangat disarankan untuk selalu dimakan setiap hari. Sayuran banyak mengandung vitamin, serat dan zat gizi yang sangat baik bagi tubuh.
Banyak sayuran yang bisa kamu konsumsi setiap hari, salah satunya sayuran hijau. Sayuran ini terdiri dari berbagai macam, seperti bayam, kangkung, mentimun, sawi, dan banyak lainnya. Nah, sebenarnya apa sih manfaat dari mengonsumsi sayuran hijau? Berikut ini ulasannya.
1. Sumber nutrisi
Seperti yang sudah kita tahu, sayuran banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Hal ini dapat menjadi sumber nutrisi yang baik dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.
2. Baik untuk pencernaan
Sayuran hijau yang dikonsumsi secara mentah atau dikukus dapat mengeluarkan zat yang bisa membuat pencernaan lebih lancar.
3. Zat besi
Sayuran juga mengandung zat besi. Untuk itu, rajinlah mengonsumsi sayuran agar jumlah zat besi harian tubuhmu tercukupi.
4. Kaya antioksidan
Antioksidan sangat penting bagi tubuh. Sayuran hijau mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.
5. Mineral penting
Dalam sayuran hijau terdapat mineral yang sangat penting, seperti seng, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan asam folat.
6. Mengandung klorofil
Adanya kandungan klorofil yang terdapat dalam sayuran hijau dapat membawa energi dan oksigen pada sel-sel tubuh. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.
7. Membersihkan penyumbatan pada organ tubuh
Jika terdapat penyumbatan organ, sayuran hijau dapat membantu mengurangi lendir penyumbatan tersebut.