Apa Sih Yang Menyebabkan Kulit Beruntusan? Ini Ulasannya

Pimples atau yang sering disebut dengan kulit beruntusan memang sering dialami oleh sebagian orang. Tak jarang, kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri menurun. Biasanya, beruntusan sering muncul di area dahi. Nah, apa sih sebenarnya penyebab kulit beruntusan? Berikut ini ulasannya.

1. Kulit beruntusan karena penyumbatan pori

Pori-pori kulit yang tersumbat memang akan memberikan dampak buruk bagi penampilan kulit. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya infeksi dan peradangan yang ujung-ujungnya menjadi jerawat.

Umumnya, tersumbatnya pori-pori kulit itu disebabkan karena membersihkan wajah yang kurang tuntas. Akibatnya, sisa make up, kotoran, dan minyak mengendap bersama dan terjadilah penumpukan. Pada orang yang memiliki kulit sensitif, efek buruk ini lebih parah dibandingkan kulit lainnya.

2. Kulit beruntusan karena infeksi jamur

Kulit bisa mengalami pertumbuhan jamur. Hal ini disebutkan oleh Medical News Today, bahwa hampir sebagian orang memiliki jamur pityrosporum yang tumbuh di kulit mereka. Jika hal ini masuk ke dalam kulit dan berkembang biak, maka tubuh pun bisa mengalami malassezia atau folliculutis. Kondisi inilah yang menyebabkan adanya rasa gatal dan kemerahan yang mirip dengan jerawat beruntusan. Biasanya hal ini terjadi pada area punggung belakang dan dada.

3. Kulit beruntusan karena infeksi bakteri

Pori-pori kulit yang tersumbat memang sering menyebabkan jerawat. Namun, hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya bermacam bakteri, seperti halnya Propionibacterium acnes (P. acnes). Bakteri ini memang tunbuh perlahan, namun jika area kulit kotor bakteri akan cepat tumbuh dan menyebabkan jerawat dan bintik-bintik pada kulit.

Nah, itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kulit beruntusan. Namun, tak jarang pula jerawat beruntusan disebabkan oleh kondisi hormon atau keturunan. Jadi, agar lebih mengetahui apa penyebab jerawat beruntusan yang tumbuh di kulit segera periksakan ke ahlinya, ya.