Apakah Vitamin K Bermanfaat Atasi Tanda Penuaan? Berikut Ulasannya

Berbagai vitamin ternyata tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, namun hal ini juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Seperti halnya vitamin C dan E yang banyak dipuji oleh para ahli karena kemampuannya sebagai antioksidan dalam produk skincare dan bahan anti-aging dalam memperlambat tanda-tanda penuaan. Nah, lalu bagaimana dengan vitamin K? Apa bermanfaat jika digunakan dalam produk skincare? Yuk, kita bahas di artikel ini.

Vitamin K memiliki manfaat utama yaitu membantu proses penyembuhan luka pada tubuh. Selain itu, ada pula penelitian yang mengatakan kalau mengonsumsi vitamin K yang cukup dalam sehari-hari bisa membuat hidup menjadi lama. Sedangkan, Yunyoung Claire Chang, MD, seorang dokter kulit kosmetik bersertifikat mengatakan bahwa vitamin K berperan penting di dalam tubuh, seperti pembekuan darah, regulasi kalsium darah, dan memperkuat serta menyehatkan tulang secara keseluruhan.

Kandungan yang biasa ditemukan pada sayuran hijau ini, seperti brokoli dan bayam, juga bisa membantu mengatasi beberapa tanda penuaan utama. Hal ini dipaparkan oleh Sejal Shah, MD, seorang dokter kulit bersertifikat. Ia mengatakan kalau kondisi yang menyangkut pada komponen pembuluh darah, seperti bengkak di bawah mata, kerutan, dan varises bisa diatasi dengan kandungan vitamin K.
 
Lebih dalam lagi, Dr. Sejal memberitahu bahwa vitamin K juga dapat mempromosikan kolagen dan menyembuhkan luka. Hal ini bisa memberikan kulit yang bercahaya, halus, kencang dan awet muda.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan kandungan ini, salah satunya adalah dioleskan secara topikal. Jika begitu, vitamin ini dapat memiliki sifat anti-inflamasi yang fungsinya menangkal radikal bebas dan mencegah risiko peradangan. Kedua kondisi ini pun jika dibiarkan dapat meningkatkan penuaan pada kulit.