Avatar Bantu Pensderita Skizofrenia Terbebas Dari Halusinasi

Avatar Bantu Pensderita Skizofrenia Terbebas Dari Halusinasi

Informasi Terkini – Skizofrenia adalah penyakit gangguan mental yang menyebabkan pasiennya mengalami delusi, halusinasi, hingga perubahan perilaku. Ada banyak orang yang mengalami penyakit skizofrenia ini. Kondisi ini berlangsung lama dikarenakan pasiennya sulit membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri.
Alhasil, sebuah terapi percobaan untuk para penderita skizofrenia dilakukan. Dalam percobaan tersebut penderita diminta untuk melakukan tatap muka dengan avatar komputer yang mewakili gangguan suara di kepala mereka. Hasil dari percobaan ini sudah terlihat menjajikan sejak tahap awal percobaan.
Dalam uji coba tersebut, para ilmuwan mengendalikan secara acak lalu membandingkan terapi avatar dengan konseling suportif yang dilakukan setelah 12 minggu. Dan hasil dari tahap ini menemukan bahwa avatar lebih efektif untuk mengurangi halusinasi pendengaran atau suara di dalam kepala pada pasien skizofrenia.
Namun, percobaan ini hanya pada tahap awal saja. masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menyelidi pendekatan di dalam rangkaian layanan kesehatan lainnya, sehingga terapi ini belum tersedia secara luas dan umum.
Akan tetapi, jika percobaan yang dilakukan selanjutnya itu terbukti bahwa terapi avatar bisa berhasil maka terapi itu akan memberikan perubahan radikal dalam pendekatan pengobatan untuk pasien-pasien skizofrenia yang ada di seluruh dunia.