Baca Dengan Suara Lantang Bisa Perkuat Ingatan Memori

Baca Dengan Suara Lantang Bisa Perkuat Ingatan Memori

Informasi Terkini – Penelitian baru di Waterloo mengungkapkan bahwa membaca dengan suara lantang atau keras suatu informasi akan membuat kita menjadi lebih ingat tentang informasi tersebut hingga jangka panjang. Penelitian tersebut melakukan uji dengan empat metode yaitu membaca tanpa suara, mendengar orang lain membaca, mendengarkan rekaman pembacaan diri, dan membaca dengan suara lantang secara real time.
Dari beberapa tahapan ini, 95 peserta menunjukkan bahwa membaca informasi dengan suara lantang bisa menghasilkan ingatan hingga jangka panjang.
Seorang tim peneliti bernama MacLeod yang juga ada dalam penelitian tersebut menjelaskan bahwa saat mempertimbangkan aplikasi praktis dari penelitian ini, justru para senior disarankan untuk mengisi teka-teki dan teka-teki silang untuk membantu ingatannya kuat hingga jangka panjang.
Studi penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan gagasan tindakan atau aktivitas yang bisa meningkatkan daya ingat kita atau memori kita sehingga kita bisa dengan mudah mengingat suatu hal hingga jangka panjang.
Sebelumnya, penelitian ini juga adalah penelitian lanjutan atau materinya didasarkan dari penelitian sebelumnya oleh MacLoed, Forrin dan rekan-rekannya. Hanya saja dalam penelitian ini mereka mengukur efek produksi dari kegiatan, seperti menulis atau mengetik atau membaca, dalam meningkatkan retensi memori secara keseluruhan.