Bagaimana Telat Makan Bisa Sebabkan Mag?

Bagaimana Telat Makan Bisa Sebabkan Mag?

Informasi Terkini – Di kalangan masyarakat ada perkataan telat makan siang dapat menyebabkan mag. Padahal, Anda bukanlah seorang yang menderita mag. Namun, mengapa bisa begini?
Nah, sakit mag yang dalam bahasa medis dikenal dengan dispepsia adalah rasa nyeri yang menyerang di sekitar ulu hati. Tentu hal ini membuat penderitanya mengalami rasa yang tidak nyaman. Gejala mag yang biasanya terjadi antara lain muntah, banyak bersendawa, mual, nafsu makan berkurang, perut kembung, hingga mudah kenyang.
Sementara faktor-faktor penyebab mag yang banyak dipercaya orang lain adalah pola makan yang tidak teratur seperti telat makan, banyak mengonsumsi makanan dengan lemak, minuman bersoda dan stres. Namun, bagaimana telat makan bisa dipercaya sebagai faktor penyebab mag?
Telat makan yang dikategorikan dalam pola makan yang tidak teratur ini bisa membuat lambung jadi sensitif saat asam lambung meningkat. Asam lambung yang diproduksi dalam tubuh terlalu berlebihan sehingga membuat gesekan pada dinding lambung dan usus halus. Dari hal ini tentu akan menimbulkan rasa nyeri di sekitar ulu hati sehingga sering disebut sebagai faktor penyebab mag.
Lambung yang kosong pun sering kali memperburuk kondisi mag yang kemudian dapat menyebabkan rasa sakot hingga berhari-hari. Selain hal tersebut, stres yang kemudian disertai dengan telat makan juga bisa menyebabkan mag terjadi dan semakin parah.