Bahan-Bahan Yang Tak Boleh Digunakan Bersama Di Wajah Anda

Mencoba berbagai produk skincare memang kerap dilakukan oleh siapa saja. Hal ini dilakukan untuk mengetahui produk skincare yang cocok digunakan dan dapat merawat kulit dengan baik. Namun, kita juga harus memperhatikan bahan-bahan yang terkandung dalam skincare. Jangan malah sembarangan memakai dan mencampur bahan dalam skincare yang justru bikin risiko yang berbahaya bagi kulit Anda.

Nah, agar Anda tidak salah dalam memakai produk skincare perlu diketahui bahan-bahan di bawah ini tidak boleh dicampurkan atau digunakan secara bersamaan. Apa saja?

1. Retinol dan AHA/BHA

Retinol memiliki manfaat untuk mencegah penuaan kulit dengan mempercepat proses regenerasi kulit. Nah, jika bahan ini digunakan bersamaan dengan AHA/BHA, yang dapat mengangkat sel kulit mati, maka akan berbahaya untuk kelembapan alami kulit. Kemungkinan besar kulit akan mengalami masalah kering, iritasi, hingga pengelupasan kulit.

2. Oil based dan water based

Produk kecantikan memang ada yang berbasis minyak dan air. Nah, keduanya ini jika digunakan bersamaan juga tidak akan bisa menyatu. Hal ini pun akan membuat khasiatnya tidak bekerja dengan efektif.

3. Glycolic Acid dan Salicylic Acid

Lapisan kulit yang terlihat kusam memang perlu produk perawatan yang dapat mengangkat sel kulit mati. Kedua bahan ini memang memiliki manfaat yang sama untuk hal ini. Namun, jika digunakan keduanya secara bersamaan bisa bikin kulit bereaksi dan risiko iritasi semakin besar.