Bau Mulut? Atasi Dengan Tips Sederhana Ini

Bau Mulut? Atasi Dengan Tips Sederhana Ini

Informasi TerkiniTidak mengalami masalah bau mulut tentu menjadikan kepercayaan diri seseorang meningkat. Namun, tak jarang, masalah bau mulut tetap saja terjadi pada beberapa orang. Untuk itu, beberapa hal ini bisa menjadi tips Anda agar masalah bau mulut tak lagi terjadi. Apa saja? Berikut ini simak ulasannya.
1. Selalu jaga kebersihan mulut
Hal ini biasanya sering terabaikan bagi sebagian orang. Untuk menjaga kebersihannya, Anda bisa melakukannya dengan rajin menggosok gigi minimal dua kali sehari. Untuk lebih baik, setelah makan atau sebelum tidur juga gosok gigi agar tidak menimbulkan masalah lain pada gigi atau mulut.
2. Bersihkan lidah
Kebersihan lidah sangat jarang dilakukan oleh banyak orang. Menurut mereka, hanya dengan menggosok gigi secara rutin dapat menjaga kebersihan mulut dan gigi. Untuk mencegah masalah bau mulut, membersihkan lidah juga diperlukan agar bakteri yang menumpuk di lidah tidak menyebabkan nafas memiliki bau tak segar. Anda bisa melakukannya dengan menyikat secara pelan dan lembut pada lidah.
3. Jangan biarkan mulut kering
Saat cuaca panas, sebagian orang dapat merasa mulut mereka kering. Hal seperti ini dapat menyebabkan masalah bau mulut. Untuk itu, Anda bisa membasahi mulut dengan air liur Anda karena saliva dapat membantu membersihkan mulut, menghilangkan bakteri serta membersihkan partikel makanan yang mungkin menempel secara alami.
4. Rajin berkumur
Saat partikel makanan yang terjebak di dalam mulut memang membuat Anda risih. Selain itu, partikel ini jika lama menempel bisa menimbulkan bau mulut. Untuk mengatasinya, rajinlah untuk berkumur setelah makan.
5. Perbanyak mengonsumsi wortel
Bagi banyak orang, wortel bisa dimanfaatkan untuk kesehatan mata. Namun, tak hanya itu. Wortel juga dapat mencegah masalah bau mulut. Anda bisa mengonsumsi wortel secara rutin.
6. Kunyah daun mint atau parsley
Kita mengetahui banyak produk untuk mulut terbuat dari mint atau parsley. Untuk itu, saat Anda mengalami masalah bau mulut, Anda bisa mengunyah daun mint atau parsley untuk mengatasinya.
Beberapa hal di atas merupakan tips untuk mengatasi masalah bau mulut. Jika masalah bau mulut tidak dapat diatasi dengan beberapa hal di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter karena masalah bau mulut tersebut mungkin merupakan tanda awal adanya gangguan mulut atau gigi.