Benarkah Berenang Bikin Jerawatan Makin Parah? Apa Penyebabnya?

Benarkah Berenang Bikin Jerawatan Makin Parah? Apa Penyebabnya?

Informasi Terkini – Kekhawatiran akan jerawat yang semakin parah selalu menyelimuti sebagian besar orang yang memiliki kulit berjerawat. Banyak yang menghindari berbagai hal yang dapat menyebabkan jerawat, seperti debu, kacang, susu, hingga berenang. Namun, benarkah berenang dapat menyebabkan jerawat jadi semakin parah?
Kita tentu mengetahui air di kolam renang rentan kotor dan tercemar. Penyebabnya ya seperti urine, keringat, air liur, hingga produk perawatan yang digunakan oleh para perenang di kolam renang tersebut. Nah, karena banyak hal yang dapat mencemari air kolam, maka air kolam pun biasanya akan dimurnikan dengan zat klorin karena dapat membunuh mikroorganisme jahat.
Dengan diberikannya klorin memang akan membuat air kolam menjadi lebih bersih dari mikroorganisme berbahaya, tapi hal ini bisa saja memperparah kondisi jerawat. Sebab, kulit berjerawat biasanya akan lebih sensitif terhadap bahan-bahan kimia.
Selain itu, menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam The Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa air yang diberi klorin dapat membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya sehingga kulit pun menjadi kering.
Ketika kulit kering, maka kelenjar minyak akan mengeluarkan lebih banyak sebum untuk menyeimbangkan kondisi kulit. Dan akhirnya, produksi minyak pun berlebihan pada kulit sehingga rentan menyebabkan jerawat setelah berenang.
Tak hanya itu, paparan sinar matahari yang berlebihan saat berenang juga rentan membuat jerawat semakin parah. Lalu, penggunaan tabir surya atau produk perawatan sebelum, selama dan setelah berenang dapat menyumbat pori-pori kulit Anda.
Dari hal ini dapat disimpulkan boleh-boleh saja berenang saat berjerawat. Sebab, berenang juga merupakan salah satu olahraga yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, ketika selesai berenang, bersihkan kulit dengan sabun dan air bersih serta gunakan pelembap setelahnya.