Benarkah Masker Wajah Harus Dibersihkan Setelah Menggunakannya?

Dalam rangkaian skincare, masker wajah adalah tahapan yang cukup penting. Pasalnya, masker wajah memiliki kandungan tertentu sehingga bila digunakan secara rutin dapat memenuhi kebutuhan dan memperbaiki kondisi kulit jika mengalami kerusakan.

Meski sudah banyak digunakan, beberapa orang masih bingung kebingungan terkait dengan cara menggunakannya. Apalagi saat ini banyak jenis dan varian masker yang dijual di pasaran. Pertanyaan pertama yang umum muncul di benak sebagian orang adalah apakah masker wajah perlu dibilas atau tidak. Nah, jawaban ini ternyata tergantung sesuai dengan jenis maskernya.

Yuk, simak beberapa jenis masker dan cara menggunakannya berikut ini.

Clay mask

Clay mask merupakan produk masker yang berbentuk seperti tanah liat. Setelah dipakai, clay mask akan mengering sehingga perlu dibersihkan. Namun, Anda tidak perlu menggunakan pembersih wajah untuk membersihkannya cukup dengan air mengalir hingga bersih. Fungsi dari clay mask ini umumnya untuk menghilangkan kotoran sekaligus msnghidrasi kulit.

Sheet mask

Berbeda dengan clay mask, tujuan sheet mask ini adalah memberikan kelembapan pada kulit. Ada sheet mask yang sudah terdapat essense, ada juga yang belum. Biasanya sheet mask yang belum ada essense berbentuk seperti permen dan perlu direndam terlebih dahulu ke essense atau serum favortitmu.

Sheet mask digunakan setelah eajah dibersihkan dan hanya ditempelkan mengikuti pola pada masker. Diamkan selama 15-20 menit dan angkat masker. Jika essense masih tersisa, tuangkan pada tangan dan tepuk-tepuk perlahan pada kulit wajah secara merata. Masker jenis ini tidak perlu dibilas dan cocok sekali ketika digunakan di malam hari. Keesokan harinya pun wajah telrihat lebih lembap dan glowing.

Eye mask

Kalau masker ini sama seperti dengan sheet mask. Biasanya eye mask memiliki kandungan tertentu untuk memberikan kelembapan dan nutrisi pada area mata. Cukup tempelkan masker pada mata dan tunggu selama 20 menit lalu angkat. Penggunaan di pagi hari sebelum make up atau malam hari sebelum tidur sangat disarankan.

Mud mask

Mud mask ini cukup sama dengan clay mask, tapi tidak terlalu kering ketika digunakan. Meski begitu, masker jenis ini perlu dibersihkan setelahnya. Masker ini memberikan hidrasi yang lebih baik dibandingkan clay mask. Namun, Anda tetap harus menggunakan pelembap setelahnya.

Overnight mask

Sesuai namanya, masker ini digunakan sebelum tidur dan dibersihkan keesokan harinya. Overnight mask sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit kering karena dirancang secara khusus formulanya untuk memperbaiki kulit ketika tidur. Akhirnya, di esok hari, kulit pun terlihat sehat bernutrisi dan kenyal.