Benarkah Posisi Tidur Berhubungan Dengan Terjadinya Keriput?

Benarkah Posisi Tidur Berhubungan Dengan Terjadinya Keriput?

Informasi Terkini – Semakin bertambahnya hari maka semakin bertambah juga usia kita. Hal ini umumnya juga diikuti dengan tanda fisik seperti terjadi keriput pada kulit tubuh kita, terutama di kulit wajah. Tetapi, bukan hanya bertambahnya usia saja. Posisi kita saat tidur pun ternyata juga berhubungan dengan terjadinya keriput. Bagaimana maksudnya? Apakah hal ini benar adanya?
Ya, beberapa orang mempercayai dengan tidur tengkurap bisa menyebabkan kulit kita mengalami keriput dengan cepat. Sementara, yang lain menganggap hal ini adalah hal mitos belaka saja.
Namun, menurut sebuah penelitian yang berjudul “The Effect of Sleep Position on Perceived Facial Aging” ternyata meneliti mengenai hubungan keduanya. Penelitian ini dilakukan oleh seorang dokter bedah Dr. Brett Kotlus asal Michigan, Amerika Serikat.
Dari penelitian yang dilakukan pada 100 wanita mengenai cara tidur mereka, partisipan menjawab bahwa 41 diantaranya tidur dengan menyamping kanan, sementara 23 lainnya menyamping kiri. Dari observasi ini diperoleh kesimpulan yang diungkapkan Dr. Kotlus bahwa kedua hal ini tidak saling berhubungan dan tidak ada korelasi mengenai cara tidur seseorang dengan keriput yang muncul di kulit wajah. Meskipun tidur mereka menyamping kanan maupun kiri tidak ada yang membuat wajah mereka keriput kecuali mamng wajah sudah keriput dari sebelumnya.