Benarkah Sulfat Berbahaya Bagi Kesehatan Rambut?

Tahukah kamu apa itu sulfat?

Sulfat alias surfaktan itu merupakan bahan kimia yang memiliki fungsi pembersih. Biasanya sulfat ditemukan dalam produk kecantikan dan rumah tangga. Sebagai buktinya, coba deh periksa produk sampo, sabun mandi, deterjen, atau pasta gigi di rumah Anda!

Nah, ternyata kandungan sulfat ini sudah terkenal sejak lama dari tahun 1930-an. Pada masa itu, sulfat digunakan sebagai bahan pokok dalam produk kecantikan, terutama untuk rambut. Fungsinya adalah untuk mengikat kotoran dan penumpukan produk pada rambut sehingga membuat kondisi rambut menjadi lebih baik. Selain itu, bagi rambut yang tipis, sulfat dapat mengontrol produksi minyak sehingga tidak membuat rambut semakin lepek.

Akan tetapi, di tahun 90-an ditemukan bahwa kandungan sulfat ini bisa menyebabkan risiko kanker. Komponen didalamnya diketahui dapat menghilangkan minyak almi kulit sehingga rentan menimbulkan iritasi, terutama untuk pemilik kulit sensitif dan kering. Bahkan bagi lingkungan, sulfat diketahui juga menyebabkan perubahan iklim.

Namun kembali lagi pada fungsi sulfat yang cukup spesifik. Sulfat ini tidak akan menyebabkan risiko yang berbahaya jika penggunanya tepat. Jadi, sulfat tetap baik digunakan ya karena suatu produk pasti sudah mengetahui takaran pas dan mampu mengolahnya hingga bermanfaat bagi para penggunanya.