Berapa Cangkir Kopi Dalam Sehari?

Berapa Cangkir Kopi Dalam Sehari?

Informasi Terkini – Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia karena cita rasa dan aromanya. Banyak juga survey yang membuktikan bahwa kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan dan bahkan untuk kecantikan. Lalu bagaimana dengan konsumsi kopi dalam sehari? Berapa cangkir kah sebaiknya kita para pencinta kafein minum kopi dalam sehari?

Akhir-akhir ini, mulai banyak bermunculan kedai-kedai kopi. Entah warung kopi pinggir jalan, kedai kopi di dalam mall dan cafe yang menyediakan menu kopi sebagai menu andalannya. Selama ini banyak muncul beberapa pendapat bahwa manfaat kesehatan dari kopi sering diperdebatkan, tapi sebuah studi baru memberikan kabar menggembirakan bagi pecinta kafein.

Salah satu laporan dari para peneliti di National Cancer Institute dan National Institutes of Health menyebutkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian dini yang lebih rendah.

Namun ternyata, fakta yang mengejutkan adalah mereka mengungkapkan bahwa minum hingga tujuh cangkir kopi setiap hari, yakni dua kali jumlah kafein yang direkomendasikan oleh Badan Standar Makanan Inggris, ternyata dapat memangkas angka kematian hingga 16 persen. Apakah hal tersebut benar?

Untuk penelitian, tim menggunakan data dari UK Biobank, di mana 500.000 orang dewasa Inggris berusia antara 38 dan 73 tahun mengisi kuesioner kesehatan, menjalani pemeriksaan fisik, dan menyediakan sampel biologis.

Para peneliti bertanya kepada setiap orang tentang kebiasaan merokok dan konsumsi kopi mereka, termasuk berapa cangkir yang mereka minum sehari dan jenis kopinya: tanpa kafein, bubuk, atau instan.

Selama masa tindak lanjut 10 tahun, sekitar 14.200 peserta meninggal dunia. Namun, para peneliti menemukan bahwa mereka yang memiliki tingkat asupan kopi yang lebih tinggi hidup lebih lama.

Studi ini ternyata membuktikan bahwa peserta yang minum delapan cangkir atau lebih per hari melihat tingkat kematian mereka berkurang 14 persen, sementara ini meningkat menjadi 16 persen di antara mereka yang minum enam hingga tujuh cangkir.

Manfaatnya juga dikaitkan dengan tingkat konsumsi kopi yang lebih rendah tetapi pada tingkat yang lebih rendah. Dua hingga lima cangkir mengurangi angka kematian dini sebesar 12 persen, sementara satu cangkir atau kurang dari satu cangkir per hari menghasilkan delapan dan enam persen.

Empat Cangkir Sehari?

Para peneliti dari Heinrich-Heine-University dan Institut Penelitian IUF-Leibniz untuk Pengobatan Lingkungan di Düsseldorf, Jerman, mengungkapkan bahwa mengonsumsi empat cangkir kopi sehari dapat membantu melindungi sel-sel kardiovaskular dari kerusakan dan bahkan membantu mereka memperbaikinya.

Oleh karena itu, mereka menyarankan, minum kopi – atau minuman berkafein lainnya – bisa sangat bermanfaat bagi orang tua, yang lebih berisiko mengalami masalah jantung ketimbang orang yang lebih muda.

Demikian pula, sementara banyak orang mengaitkan kopi dengan peningkatan kecemasan, penelitian terbaru menemukan bahwa jenis-jenis tertentu, seperti moka, sebenarnya dapat mengurangi tingkat kecemasan. Menurut para ilmuwan di Clarkson University di New York dan Georgia University, ini karena penambahan kakao yang membantu mengurangi efek-efek penghasil kafein.

Nah, kabar yang sangat baik bagi kalian para pencinta kafein, namun juga harus berhatihati ya, walaupun mengkonsumsi kafein, sebaiknya diimbangi dengan olahraga dan kegiatan yang rutin.