Berikut Tiga Kriteria Utama Diagnosis Anak Alami Kecanduan Gim

Berikut Tiga Kriteria Utama Diagnosis Anak Alami Kecanduan Gim

Informasi Terkini – Maraknya gadget membuat orangtua juga memberikan anaknya untuk bermain gadget. Mereka yang sudah kecanduan bermain gadget akan susah untuk diberhentikan. Banyak anak yang sudah kecanduan bermain video gim yang ada di dalam gadget. Hal ini membuat waktu yang seharusnya untuk bermain dan bersosialisasi di luar rumah menjadi habis hanya untuk bermain gim di gadget.
Kecanduan bermain video gim atau yang disebut gaming disorder termasuk dalam gangguan kesehatan mental yang banyak terjadi pada anak yang suka sibuk sendiri dengan gadget mereka dalam beberapa tahun terakhir ini.
Untuk mengetahui anak terkena gaming disorder ini atau tidak, ada tiga kriteria utama yang dapat mendiagnosis gangguan mental ini. Yang pertama, anak lebih mementingkan bermain gim daripada aktivitas lainnya. Selanjutnya, ketika anak sudah bermain gim mereka tidak bisa berhenti untuk bermain. Kemudian, anak menjadi terisolasi dari lingkungannya.
Namun, ketika anak bermain video gim yang kemudian beberapa saat berhenti, anak tersebut tidak termasuk dalam gangguan mental gaming diosrder.
Untuk mencegah gangguan mental ini, diperlukan usaha dan kesabaran yang lebih, karena hanya dengan memberitahunya untuk berhenti saja itu tidak akan membuahkan hasil. Terkadang, beberapa anak ketika diberitahui mereka justru makin menjadi dalam bermain gim.
Jadi, ambil siasat seperti biasakan waktu hanya satu atau dua jam dalam bermain gim dan setelah waktu habis ambil kembali gadget dan ajak anak bermain lainnya yang menyenangkan tanpa menimbulkan hal-hal buruk.