Bikin Wajah Glowing Alami Dengan Masker Pepaya

Buah-buahan memang makanan yang wajib dikonsumsi. Pasalnya, buah mengandung nutrisi alamiah yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun tak hanya itu. Buah juga mampu menjaga kecantikan kulit kita. Seperti halnya buah pepaya.

Buah yang umumnya berwarna oranye ini memiliki vitamin A dan C yang sangat tinggi. Selain itu, pepaya juga memiliki enzim khusus yang disebut papain. Bagi wajah, papain dapat bermanfaat untuk membantu mencerahkan, memudarkan noda hitam, dan menyembuhkan masalah kulit lainnya.

Nah, lalu bagaimana cara mengaplikasikannya? Berikut ini ada beberapa caranya sesuai dengan tipe kulit yang kamu miliki, ya!

1. Untuk kulit kering

Campuran pepaya dan madu dapat menjadikan kulit wajah yang tampak glowing dan lembap. Gunakan beberapa potong pepaya yang masih mentah dan haluskan menggunakan blender/tumbukan. Lalu, tambahkan 1 sdt susu dan 1 sdm madu. Campurkan semua bahan ini hingga menjadi pasta dan oleskan ke wajah. Tunggu 15-20 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat.
 
2. Untuk kulit kombinasi

Tipe kulit kombinasi memiliki sisi kulit yang kering dan berminyak pada bagian kulit lainnya. Untuk itu, gunakan campuran pepaya dan tomat. Haluskan kedua bahan tersebut hingga halus dan aplikasikan ke kulit wajah. Diamkan 15 menit dan bilas hingga bersih.

3. Untuk kulit berminyak

Sementara kulit berminyak memerlukan bahan masker yang bermanfaat untuk mengurangi kadar minyak berlebihan. Nah, kamu bisa menggunakan pepaya yang dicampur dengan mentimun dan pisang. Gunakan 1/4 pepaya, 1/4 pisang, dan 1/2 pisang ke dalam blender hingga halus. Oleskan ke kulit wajah dan tunggu 15-20 menit. Kemudian, bilas hingga bersih kembali.

Selamat mencoba!