BPOM RI Bongkar Sindikat Produksi Kosmetik Dan Sita Produknya Hingga 130.000 Pcs

BPOM RI Bongkar Sindikat Produksi Kosmetik Dan Sita Produknya Hingga 130.000 Pcs

Informasi Terkini – Selain obat-obatan ilegal, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) juga berhasil membongkar sindikat produksi kosmetik yang ilegal. Produksi ini sendiri dilakukan di Jakarta.
Dra. Dewi Prawitasari, S.Apt, M.Kes selaku kepala balai POM DKI Jakarta menuturkan bahwa penyitaan terhadap barang kosmetik yang ilegal ini hingga mencapai 130.000 pcs. Jumlah ini menjadi penyitaan yang terbesar di DKI Jakarta di dalam beberapa tahun terakhir ini. Bahkan, produk kosmetik ilegal yang disita ini juga sudah beredar di seluruh Indonesia.
Dari barang bukti ilegal yang didapat dan disita oleh BPOM RI, pihak mereka telah menyita barang kosmetik mulai dari produk krim malam, krim siang, sabun batang, sabun cair hingga toner rambut. Selain produknya, bahan baku dan alat produksi untuk menghasilkan produk ilegal tersebut juga disita oleh pihak BPOM RI.
Dewi mengungkapkan bahwa pihaknya mengetahui adanya sindikat produksi kosmetik ilegal berasal dari laporan dari masyarakat sekitar. Hal ini hanya diketahui oleh sedikit masyarakat, karena tempat untuk memproduksinya selalu dalam kondisi tertutup.
Dari kejadian ini, Deei mengjimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan cepat lapor bila mengetahui adanya sesuatu yang mencurigakan agar segera diselidiki dan dibongkar oleh pihak terkait.