Bukan Hanya Buku, Bermain Juga Bikin Anak Berprestasi

Bukan Hanya Buku, Bermain Juga Bikin Anak Berprestasi

Informasi Terkini – Memiliki anak yang berprestasi dan genius tentu menjadi keinginan semua orangtua. Sebab, anak yang memiliki kepandaian tentu akan mengetahui banyak hal sehingga bisa membuat bangga kedua orangtuanya. Karena hal ini, tak jarang banyak orangtua memberikan berbagai macam buku untuk si anak pelajari. Mereka mewajibkan anak membaca buku agar anak bisa mengetahui wawasan yang luas. Namun, tak hanya buku. Bermain pun bisa membuat anak menjadi genius.
Salah satu permainan yang bikin anak berpikir kritis sehingga membuat otaknya terasah adalah permainan balok plastik atau Lego. Permainan ini tak hanya anak-anak saja yang memainkannya, tetapi, tak jarang orang dewasa juga bermain Lego ini. Permainan ini bisa berdampak panjang yang akan bermanfaat pada kemampuan kognitif anak.
Seperti hasil kesimpulan dari sebuah penelitian dari universitas bergengsi di Jepang. Penelitian tersebut meneliti lulusan berprestasi di enam universitas unggulan di Jepang. Mereka ditanya mengenai mainan apa saja yang dimainkan saat kecil.
Sebanyak 60 persen menjawab permainan yang disukainya adalah Lego. Sementara 92 persen mengungkapkan mereka lebih menyukai untuk menyusun balok-balok tanpa ada intruksi.
Menurut lulusan berprestasi tersebut, bermain Lego bisa meningkatkan kemampuan pengaturan spasial, kreativitas dan konsentrasi pada seseorang. Bukan hanya itu, menyusun balok juga bisa melatih kesabaran agar bisa mendapatkan bentuk yang diinginkan.
Berkat hal ini diharapkan orangtua tak hanya memberikan buku saja untuk dibaca anak, tetapi sempatkan juga mainan yang penuh manfaat agar anak bisa semakin berprestasi.