Bukan Hanya Salah Skincare, Banyak Pikiran Dan 5 Hal Ini Juga Bisa Bikin Cepat Tua

Tidak memperhatikan perawatan kulit dan mengalami kesalahan dalam memakai skincare memang akan menimbulkan efek buruk pada muka kita, salah satunya tampak kusam dan mudah terlihat tua. Namun, tak melulu permasalahan skincare, kadar kebahagiaan seseorang ternyata sangat mempengaruhi kulit wajah. Hal ini bisa berupa kualitas hubungan dengan pasangan, teman dan lingkungan kerja, tidak merasa puas dengan diri sendiri, hingga kebugaran fisik sangat terlihat pasa penampilan.

Nah, agar penampilan tetap fresh dan tidak nampak tua ikuti tips berikut ini.

1. Memendam masalah sendiri tanpa berbagi ke orang lain

Seringkali curhat atau mengeluh dianggap hal negatif karena memberikan kesan bahwa kita lemah. Padahal, bercerita dengan teman dekat itu juga akan membuat kita merasa didengarkan dan dihargai sehingga dapat meningkatkan suasana hati. Apalagi setiap orang kan punya batas masing-masing dalam menghadapi masalah. Beban pikiran yang tersimpan juga dapat mempengaruhi penampilanmu dan bikin raut wajah tidak bercahaya. Jika kamu punya unek-unek, jangan segan untuk curhat ke orang terdekatmu, ya.

2. Bertahan dalam hubungan yang beracun

Seringkali cinta membutakan kita untuk mengetahui mana yang benar dan salah. Tak sedikit orang tetap mempertahankan hubungannya dengan pasangan padahal didalamnya terdapat racun yang justru merusak diri kita sendiri. Hubungan beracun ini biasanya ditandai antara lain dengan pasangan yang tidak saling menghargai dan menghormati dengan setara, apalagi kalau sudah sampai kekerasan. Diri kita pun akan menjadi tidak happy dan murung terus.

3. Terlalu sibuk bekerja sampai tidak bersosialisasi

Setiap orang memang memiliki pencapaiannya sendiri-sendiri. Beberapa orang mungkin juga akan menganggap pekerjaan yang dilakukan adalah pencapaian sehingga tidak mau ditinggalkan. Akibatnya, waktu habis hanya untuk digunakan bekerja dan istirahat. Padahal manusia adalah mahluk sosial yang juga butuh untuk selalu terhubung dengan orang lain. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa hampa.

4. Menyalahkan diri terlalu jauh atas kegagalan yang dialami

Dalam berusaha, kegagalan merupakan hal yang lumrah dialami. Namun seringkali kita jadi menyalahkan diri sendiri karna kegagalan tersebut. Padahal, ada juga faktor lain di luar sana yang juga dapat mempengaruhi usaha Anda. Akibatnya Anda akan merasa sedih terus menerus. Maka, manusia perlu berusaha ditambah dengan harapan yang berupa doa-doa baik sehingga dapat berubah manis. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman sehingga kita pun akan lebih bijak dalam bertindak.

5. Tidak berusaha memperbaiki keadaan buruk yang menimpa kita

Sudah tahu keadaan yang sedang menimpa diri membuat sengsara, Anda perlunya untuk mengubahnya. Namun, jika Anda terus berdiam diri tanpa ada usaha apapun makan membuat kita menjadi stres dan cepat tua. Jadi, cari solusi untuk mengubahnya dengan bantuan orang lain atau lakukan hal-hal baik lainnya.