Cara Alternatif Atasi Rambut Bercabang, Tanpa Perlu Memotong Rambut

Siapa yang memiliki rambut bercabang? Begitu menyebalkan, bukan?

Rambut bercabang sendiri merupakan permasalahan yang terjadi pada ujung rambut. Hal ini menyebabkan kondisi rambut menjadi kering, mudah patah, dan kasar.

Nah, sebagai solusinya simak tips atasi rambut bercabang tanpa memotong rambut berikut ini, yuk!

1. Tingkatkan asupan asam folat dan biotin

Bukan hanya untuk tubuh, asupan makanan yang penuh nutrisi juga diperlukan untuk kesehatan rambut. Terutama asam folat dan biotin. Kedua kandungan ini mampu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan rambut dengan baik.

Makanan dengan asam folat, seperti sayuran berdaun hijau, jeruk, kedelai, dan gandum. Sementara biotin, Anda bisa mengonsumsi suplemen. Hal ini seperti yang dilakukan oleh selebriti Hollywood Vanessa Hudgens yang merawat kecantikan rambutnya dengan rutin makan suplemen biotin.

2. Madu

Selain produk berbahan kimia, bahan-bahan alamiah juga mampu memberikan manfaat bagi rambut. Salah satunya adalah madu. Memang terdengar ribet karena madu yang lengket, namun madu mampu menjadi kondisioner yang efektif.

Cara menggunakannya, masukkan 1 sdm madu ke dalam secangkir air hangat. Oleskan ramuan ini ke rambut sebelum keramas dan tunggu 20 menit. Cara ini akan memperbaiki kondisi rambut, salah satunya rambut bercabang.

3. Batasi penggunaan hair dryer dan catokan

Kondisi rambut yang sudah kering dan penggunaan alat elektronik rambut yang mengeluarkan panas, seperti hair dryer yang terlalu sering tentu membuat rambut bercabang semakin parah dan tidak cepat sembuh. Untuk itu, sebaiknya kurangi pemakaiannya atau malah hentikan dalam beberapa saat agar rambut dapat memperbaiki strukturnya sendiri.