Cara Tepat Gunakan Serum Vitamin C Agar Maksimal

Vitamin C merupakan salah satu bahan yang banyak manfaatnya bagi kecantikan kulit. Mulai dari mencerahkan kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan hingga antioksidan yang menetralkan radikal bebas.

Nah, kandungan vitamin C sering ditemui dalam bentuk serum. Hal ini bisa memberikan manfaat yang maksimal jika pemakaiannya tepat. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Bersihkan wajah terlebih dulu

Pastikan sebelum menggunakan skincare apapun itu, kulit wajah harus dalam keadaan yang bersih. Anda bisa menggunakan sabun pembersih sesuai jenis kulit. Lalu, lanjutkan dengan hydrating toner agar kulit lebih siap dalam menerima serum vitamin C dengan sempurna.

2. Pilih sesuai kebutuhan kulit

Agar lebih efektif, Anda bisa memilih kandungan L-ascorbic acid atau nama lain vitamin C yang berbeda pada setiap tipe kulit. Untuk kulit berminyak dan normal kandungan lebih dari 10%, sedangkan bagi kulit sensitif 5-10% saja cukup.

3. Gunakan secukupnya

Cara mengaplikasikan serum vitamin C ke kulit wajah juga harus diperhatikan. Pastikan jari yang digunakan untuk mengoleskan serum sudah bersih. Nah, tuangkan 2 kali pump serum ke jari, lalu oleskna secara tipis-tipis ke area wajah dan leher. Tepuk dengan lembut untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Beri waktu 3 menit

Serum membutuhkan waktu setidaknya 3 menit untuk benar-benar menyerap sempurna hingga ke dalam kulit. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan rangkaian skincare lainnya.

5. Gunakan di siang hari

Sebelum memulai beraktivitas sebaiknya gunakan serum yang mengandung vitamin C.

6. Jangan dipakai dengan retinol

Penggunaan serum vitamin C ini harus diperhatikan. Jangan sembarangan mencampurkannya dengan bahan lain, misalnya retinol. Mengkombinasikan kedua bahan ini dalam waktu bersamaan akan meningkatkan iritasi dan mengurangi efektivitas keduanya.

7. Hindari mencampur dengan AHA BHA

Selain retinol, mencampurkan produk yang mengandung vitamin C dengan asam AHA dan BHA juga tidak disarankan. Hal ini mungkin akan berfungsi optimal dalam beberapa tingkat pH tertentu, namun akan sangat merusak kulit ketika pH-nya tidak sesuai.

8. Tutup dengan sunscreen

Produk dengan vitamin C memang akan memberikan manfaat pada kulit. Namun, kandungan ini akan membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap efek buruk sinar matahari. Untuk itu, jangan lupa gunakan sunscreen atau tabir surya yang mengandung broad spectrum guna memberikan perlindungan kulit lebih dalam.