Cek Kebiasaan yang Bikin Tubuh Mudah Kelelahan

Kelelahan merupakan isyarat yang diberikan oleh tubuh saat kekurangan energi. Berbeda dengan rasa mengantuk, tubuh yang lelah seperti tidak memiliki motivasi, lemas, dan tidak berdaya sehingga perlu asupan nutrisi tepat dan istirahat yang cukup.

Faktor yang menyebabkan kelelahan tubuh juga beragam. Mulai dari gejala umum dari penyakit tertentu hingga gaya hidup sehari-hari.

Nah, berikut ini kami rangkum beberapa kebiasaan yang menjadi penyebab tubuh mudah lelah dan cara untuk mengatasinya.

1. Kekurangan energi

Melewatkan sarapan adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan tubuh mudah capek dan lelah. Asupan di pagi hari seperti mengisi kembali energi tubuh untuk mendukung aktivitas sepanjang hari. Konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang sangat diperlukan untuk menjaga kadar gula darah normal dan mencegah kelelahan ketika gula darah terjadi penurunan.

2. Tidak cukup istirahat

Aktivitas yang padat mungkin membuat waktu istirahat menjadi terbatas. Namun, waktu tidur tersebut justru jangan disepelekan. Saat Anda tidak memenuhi kualitas dan kuantitas tidur yang dibutuhkan, tubuh akan meresponnya dengan cara yang buruk. Kurangnya waktu tidur bisa menghambat konsentrasi dan mempercepat tubuh merasa lelah.

3. Asupan vitamin tidak tercukupi

Tubuh memiliki kebutuhan nutrisi harian yang harus dipenuhi, salah satunya terdiri atas asupan vitamin. Banyak jenis vitamin yang memiliki fungsinya masing-masing untuk tubuh. Namun umumnya, vitamin berperan dalam membantu sel-sel tubuh ketika mengedarkan oksigen. Konsumsi vitamin yang tidak tercukupi akan menghambat asupan oksigen tubuh dan menyebabkan mudahnya merasa lemas dan lelah.

Itulah beberapa kebiasaan yang bikin tubuh mudah mengalami kelelahan. Anda perlu mengubahnya dengan gaya hidup sehat, seperti berikut ini.

– Mencukupi kebutuhan air minum (WHO menyarankan 2 liter sehari)
– Istirahat cukup (Orang dewasa butuh tidur setidaknya 7-8 jam per hari)
– Rutin berolahraga. Jika tidak punya banyak waktu, olahraga ringan 15 menit setiap hari saja sudah cukup.
– Batasi konsumsi gula. Beralih ke makanan yang menyehatkan, seperti buah dan sayur.
– Tingkatkan konsumsi makanan berprotein untuk menambah energi.