Cemas ASI Yang Keluar Sedikit? Cek Disini Permasalahannya!

Cemas ASI Yang Keluar Sedikit? Cek Disini Permasalahannya!

Informasi Terkini – Saat bayi, kebutuhan ASI tentu sangat penting sebagai asupan bayi bernutrisi yang sekaligus juga sebagai perkembangan anak agar tetap maksimal. Namun, ketika produksi ASI ibu berkurang, hal itu tentu akan membuat ibu cemas dan khawatir akan pemberian ASI pada anak. Bisa saja anak kekurangan asupan ASI yang justru akan memperlambat perkembangannya.
Berikut ini simak para ibu menyusui alasan mengapa produksi ASI yang dihasilkan berkurang.
1. Penggunaan obat-obatan tertentu
Ibu yang tengah menyusui sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan atau jamu apapun. Hal ini dikarenakan efek samping dari pengonsumsian ini akan menyebabkan produksi ASI menjadi berkurang bahkan bisa berhenti. Jadi, bagi ibu menyusui yang hendak mengonsumsi obat-obatan tertentu lebih baik konsultasi dengan dokter apakah obat tersebut aman dan efek sampingnya seperti apa.
2. Kurang minum air putih
ASI sangat erat kaitannya dengan air putih. Jadi, bagi ibu menyusui yang kurang minum air putih bisa saja produksi ASI-nya berkurang.
3. Tidak konsumsi makanan dengan baik
Asupan makanan memang penting bagi produksi ASI. Ketika makanan yang dimakan kurang menyehatkan dan tidak memiliki gizi seimbang, bisa saja ASI yang diproduksinya juga mengalami kendala seperti berkurang bahkan berhenti. Untuk mengoptimalkannya, lebih baik makan makanan yang banyak mengandung nutrisi dan baik untuk produksi ASI.
4. Tidak lakukan relaktasi
Tujuan melakukan relaktasi adalah mengembalikan produksi ASI yang seutuhnya. Cara relaktasi ini adalah dengan mendekatkan puting kepada bayi agar ia bisa menyusu.
5. Stres dan lelah
Ketika ibu menyusui, ibu disarankan untuk tidak banyak berpikir yang menyebabkan beban. Karena ketika ibu mengalami kelelahan dan stres, produksi ASI pun bisa jadi berkurang. Berikan waktu luang untuk beristirahat.
6. Pompa ASI bermasalah
Yang terakhir, mungkin saja disebabkan pompa ASI yang mengalami masalah. Untuk masalah ini sebaiknya Anda cek apa yang bermasalah dari pompa ASI yang menyebabkan ASI yang keluar berkurang.