Daun Gatal Di Papua Ini Ampuh Obati Badan Lelah

Daun Gatal Di Papua Ini Ampuh Obati Badan Lelah

Informasi Terkini – Meski berada di paling pinggir, Papua tak jauh dari keanekaragaman budaya. Disana banyak sekali budaya-budaya yang kemudian dikenal dengan 250 suku dan bahasa. Meski wilayahnya berada di paling timur Indonesia, Papua ternyata menyimpan obat-obatan tradisional yang berupa daun gatal atau dengan nama lain Laportea ducumana. Dalam bahasa warga lokal Biak daun ini disebut dengan daun raprap.
Daun gatal ini adalah salah satu mutiara yang terpendam dari Tanah Papua yang sudah terbukti memiliki khasiat yang banyak. Salah satunya sebagai obat alternative kesehatan masyarakat lokal Biak.
Daun gatal ini merupakan tumbuhan alam hutan asli Papua dari family Urticaceae yang memiliki bulu atau duri yang halus di atas permukaan daunnya.
Meski di Indonesia daun gatal belum begitu terpopuler akan khasiatnya ini, akan tetapi untuk masyarakat yang ada di Papua sana, daun gatal ini sudah menjadi obat nomro satu untuk mengobati berbagai penyakit warganya di Tanah Papua.
Daun gatal ini menjadi obat yang mujarab dan telah dipercaya dapat menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan yang menyerang tubuh, seperti pegal-pegal, kurang enak badan, nyeri, sakit perut, dan masih banyak lainnya.
Saat digosok ke kulit tubuh, daun gatal ini akan menimbulkan efek gatal-gatal, tetapi ketika selesai digunakan pada badan maka lelah dan masalah lainnya akan hilang dan bada kembali sehat dan segar.