Daun Pegagan Bagi Kesehatan Kulit

Daun Pegagan Bagi Kesehatan Kulit

Informasi Terkini – Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terawat tentu harus melakukan perawatan yang baik dan rutin. Biasanya, banyak orang melakukan perawatannya di klinik kecantikan. Namun, bila Anda tak ingin merogoh kocek dalam, Anda bisa melakukan perawatan dengan bahan alami. Salah satunya dengan daun pegagan.
Daun pegagan telah dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti untuk merawat kesehatan kulit.
Apa saja ya manfaatnya untuk kulit? Simak berikut ini.
1. Menyembuhkan luka
Luka pada kulit seringkali membekas hingga sulit dihilangkan. Hal itu bisa menyebabkan kulit menjadi terlihat tidak terawat. Daun pegagan bisa menjadi solusi untuk menyembuhkan luka pada kulit.
Di dalam daun pegagan terdapat kandungan bahan kimia yang dikenal dengan nama triterpenoid yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Senyawa tersebut akan meningkatkan kadar antioksidan, membuat jaringan kulit menjadi lebih kuat, dan meningkatkan suplai darah pada area yang terkena luka.
2. Sebagai perawatan anti aging
Usia yang semakin bertambah juga dapat membuat kulit menjadi lebih tua. Hal itu dikarenakan produksi kolagen dalam kulit yang menjaga keelastisitan kulit berkurang.
Namun, menurut salah satu penulis buku, Dr. James Duke, daun pegagan dapat membuat elastisitas kulit terjaga. Anda bisa menggunakan krim dari ekstrak pegagan atau mengonsumsi suplemen pegagan.
3. Mengatasi stretch mark
Stretch mark yang terjadi pada kulit sering membuat percaya diri menurun. Untuk itu, berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan guratan halus pada kulit tersebut.
Daun pegagan dapat mengatasi hal ini. Selain dapat menghilangkan stretch mark juga mencegah timbulnya stretch mark baru.
Itulah beberapa hal yang merupakan manfaat dari dau pegagan. Untuk melihat hasilnya, Anda bisa melakukan pengecekan kulit terlebih dahulu apakah kulit Anda sensitif terhadap pegagan atau tidak.